10 Tips dan Trik Belanja Online yang Aman dari Situs Luar Negeri

Posted on

Melakukan transaksi belanja via online memang sudah sangat biasa. Bahkan belanja dari situs online shop luar negeri. Kemudahan mendapatkan barang yang tidak dijual di Indonesia memang menggoda.

Namun anda perlu berhati-hati melakukan transaksi ini karena banyak modus penipuan dari situs luar negeri. Berikut beberapa tips agar belanja anda aman:

Pilih Situs Terpercaya
Hal yang paling penting saat berbelanja online dari situs luar negeri adalah memeriksa situsnya. Luangkan waktu untuk membaca komentar tentang pengiriman barang ke luar negeri yang ada di situs.

Selalu Baca Syarat dan Ketentuan
Sebelum melakukan transaksi, penting untuk membaca syarat dan ketentuan pengiriman barang yang ada di situs. Ketahui kebijakan dari situs dalam melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Biasanya mereka akan mencantumkan ongkos kirim, durasi pengiriman hingga kebijakan jika barang tidak diterima atau rusak. Jika ragu, jangan malu untuk mengirimkan e-mail untuk menanyakan sistem pengiriman barang ke Indonesia.

Pahami Alat Pembayaran
Kebanyakan situs belanja luar negeri menggunakan PayPal dan kartu kredit sebagai cara pembayaran. Beberapa situs juga menyediakan sistem pembayaran pengiriman uang melalui Western Union. Pahami kerugian dan kelebihan dari setiap jenis pembayaran sebelum memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Tidak hanya itu, cermati pula modus penipuan yang sering terjadi di setiap jenis pembayaran. Hal ini penting agar anda lebih waspada selama melakukan transaksi.

Cermati Pajak di Bea Cukai
Penerima barang kiriman dari luar negeri memang harus menanggung risiko untuk terkena cukai maupun bea masuk. Sebelum membayar, lebih baik anda cermati dahulu pajak yang akan dikenakan oleh Bea Cukai Indonesia.

Cari Situs Tanpa Biaya Pengiriman
Jika ingin membeli dari situs luar negeri, lihat proses pengirimannya. Apakah mereka menjangkau semua wilayah termasuk Indonesia. Kalau pun ada, pilih yang tanpa biaya pengiriman alias gratis.
pembayaran aman

Bila termasuk orang yang suka membeli secara online, anda perlu mencoba membeli barang di situs luar negeri. Akan ada sensasi yang berbeda. Namun anda juga perlu waspada dengan situs-situs tersebut. Berikut cara lainnya agar belanja anda aman:
Menawar Harga
Beberapa situs online memberikan salah satu fasilitas menawar. Fasilitas itu membuat anda dapat menawar harga barang langsung ke penjual. Siapa tahu anda bisa mendapat potongan atau gratis biaya pengiriman.

Membeli Secara Grosir
Bila membeli secara grosir, biasanya anda akan mendapat banyak potongan. Ajak teman-teman membeli di penjual yang sama agar anda mendapat kemudahan. Apalagi biaya pengiriman ke Indonesia biasanya tidak sedikit.

Membeli dibawah 650 Ribu Rupiah
Bila ingin coba-coba, anda bisa iseng membeli barang dibawah 650 ribu rupiah. Jumlah itu merupakan total harga barang dan biaya pengirimannya. Apabila harga dibawah jumlah tersebut tidak akan dikenakan pajak impor barang.

Gunakan Jasa Order Situs Luar
Ada satu cara paling sederhana memudahkan anda membeli barang dari luar negeri. Anda bisa mencoba jasa order situs luar negeri. Anda tinggal mentransfer nominal rupiah sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Untuk pembelian dan pembayaran sudah diurus oleh si penyedia jasa tersebut.

Jangan Membeli Barang-Barang Terlarang
Tidak semua barang boleh masuk di Indonesia. Bagian bea cukai sangat selektif. Bila masuk dalam barang yang dilarang, anda tidak diperbolehkan menerimanya. Beberapa barang yang dilarang antara lain, narkoba, bahan kimia, organ tubuh, senjata api dan lainnya. Barang tersebut akan otomatis disita oleh bea cukai.
Kelebihan membeli barang dari luar negeri membuat anda memiliki seri lain dari gerai di Indonesia. Namun untuk pemula memang harus mewaspadai adanya modus penipuan pada situs luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *