4 Fakta Mengejutkan dari Penjara Cipinang, Mulai Ruang Sel Mewah Sampai ‘Fasilitas’ yang Bikin Penjahat Betah

Posted on

Yang namanya penjahat atau pelaku tindak kriminal sudah sepantasnya mendapatkan hukuman. Di mana jenis hukuman pun bisa bermacam-macam, bisa jadi berupa hukum adat untuk kejahatan level daerah tertentu atau bisa juga djebloskan ke bui. Bicara tentang bui, banyak yang bilang kondisi penjara di Indonesia cukup ‘layak’ untuk para narapidana. Di mana tidak ada satu sel pun yang kabarnya memiliki fasilitas mewah bak di rumah senciri.

Namun fakta mencengangkan baru-baru ini muncul ke permukaan, dengan menyebutkan bahwa salah satu penjara kita mempunyai fasilitas mewah yaitu Cipinang. Parahnya hal itu sebenarnya sudah berulang kali dilaporkan namun tetap saja masih ‘kecolongan’. Tak hanya terkesan mewah, bahkan ada beberapa ‘fasilitas’ tak wajar juga ditemukan di sana.

Temuan diawali oleh BNN

Berita mengenai adanya kemewahan dalam penjara Cipinang bermula dari keterangan yang diberikan Komjen Budi Waseso selaku Kepala BNN. Pria yang akrab disapa dengan panggilan Buwas itu bercerita bahwa ketika tim penyidik tindak pidana pencucian uang BNN sedang melakukan penggeledahan di ruangan sel Lapas Cipinang di akhir Mei lalu, tepatnya pada sel Haryanto Chandra. Harianto Chandra (HC) ini merupakan salah satu napi yang sudah divonis 14 tahun penjara atas dugaan pencucian uang Rp 39 milyar. Ketika penggeledahan dilakukan di sel HC, ternyata ada banyak fasilitas mewah ditemukan di sana.

Ruang lapas berisi AC sampai wifi

Bayangan kita bila mendengar kata sel penjara mungkin tertuju pada sebuah ruangan sempit berisi beberapa orang dengan atau tanpa tempat tidur dan keadaannya kotor. Namun temuan BNN jauh dari kesan tersebut, pasalnya dalam penggeledahan mereka menemukan satu unit Ipad, laptop, empat telepon genggam, serta satu token. Ruangan sel juga terlihat sangat tidak umum karena terdapat AC, akuarium berisi ikan arwana, wifi, bahkan CCTV. Bukan hanya fasilitas yang terlihat, menu makanan yang spesial pun diberikan untuk sang napi.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *