5 Kisah Harmonis 1 Keluarga 3 Agama Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Memang Sangat Toleran

Posted on

Akhir-akhir ini, isu toleransi sedang menjadi topik hangat bahkan panas untuk diperbincangkan. Dan pada momen hari Pancasila pada hari Kamis 1 Juni 2016 lalu, hampir semua lapisan masyarakat dari berbagai elemen menghimbau agar toleransi dan rasa persatuan diperkokoh kembali. Mengingat apapun suku, bahasa, bangsa, dan agama, semua adalah satu Indonesia yang mempunyai satu dasar negara yaitu Pancasila.

Kemeriahan ini tentu akan berakhir tak hanya sekedar semarak sesaat jika masyarakat benar-benar bisa menerapkan toleransi di dalam kehidupan. Jika hal itu terjadi, maka perbedaan tak akan lagi membawa kehancuran melainkan keindahan. Berikut ini contoh nyata toleransi di dalam lingkup kecil yaitu keluarga. Deretan lima keluarga ini masing-masing dalam satu atap memiliki tiga agama yang berbeda. Meski begitu, kehidupan mereka tetap bahagia dengan menjalankan kepercayaan masing-masing.

Keluarga Menteri ESDM Ignasius Jonan

Contoh keluarga harmonis wujud toleransi beragama ditunjukkan Menteri ESDM Ignasius Jonan. Di keluarga sang menteri, ada sebanyak tiga agama yang dianut saudara-saudaranya. Jonan sendiri seorang penganut Katolik, adiknya yang memutuskan menjadi mualaf bernama Yusuf. Dan ada juga adik perempuan Jonan yang menganut agama Hindu. Meski begitu, keluarga Jonan yang terdiri dari enam bersaudara selalu harmonis meski berbeda-beda keyakinan.

Keluarga Kotong, Bekasi

Keluarga Kotong tinggal di daerah Kampung Sawah, Jati Murni, Pondok Melati, Kota Bekasi. Di keluarga Kotong terdapat tiga agama berbeda. Sang ayah menganut agama Kristen Protestan. Sang anak, Andi Kotong memeluk agama Katolik. Sedang adik Andi yang bernama Nini Kotong merupakan pemeluk agama Islam sejak tahun 1979. Ketiganya tak pernah bersitegang, malah  selalu kompak di berbagai kesempatan.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *