9 Kegiatan Sepele yang Merusak Tubuh

Posted on

Sebaiknya, kamu mulai menghindari dampak buruk tersebut, demi kesehatan tubuhmu sendiri.

Dream – Banyak kebiasaan sehari-hari yang sering dianggap sepele dan sering dilakukan. Tapi sebenarnya kegiatan sepele itu bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh secara jangka pendek ataupun panjang.

Sebaiknya, kamu mulai menghindari dampak buruk tersebut, demi kesehatan tubuh kamu sendiri.

Nah untuk itu, Dream.co.id berikan 10 contoh kebiasaan buruk yang sebaiknya kamu hindari mulai saat ini, seperti dikutip dari Brightside.me. Cekidot.

1. Menahan bersin

 Kebiasaan yang Merusak Tubuh

Beberapa orang mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung mereka. Sehingga keinginan untuk bersin menjadi hilang. Ternyata menahan bersin justru bisa menjadi masalah yang serius jika sering dilakukan.

Upaya menahan bersin akan membuat tekanan intrakranial kita meningkat secara signifikan. Aliran darah ke otak terganggu, pembuluh darah dan jaringan saraf akan terkompres. Hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, kerusakan pembuluh darah, bahkan masalah pendengaran.

2. Menggunakan parfum

 Kebiasaan yang Merusak Tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan, makin banyak menggunakan produk kecantikan makin makin banyak pula kandungan kimia dalam urine mereka.

Wanita yang memakai parfum memiliki 2,9 kali konsentrasi bahan kimia MEP lebih besar daripada wanita yang tidak menyemprotkan wewangian selama 24 jam sebelum tes urine.

MEP adalah phthalate yang sering dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

3. Bermain smartphone sebelum tidur

 Kebiasaan yang Merusak Tubuh

Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone yang sebenarnya berguna untuk melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Tetapi dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone yang terlalu terang justru tidak baik untuk kesehatan. Malah dapat berbahaya bagi tubuh kamu.

Cahaya tersebut menekan hormon melatonin. Melatonin yang rendah dapat mengakibatkan depresi, kanker, obesitas, penyakit jantuh dan sistem kekebalan tubuh yang rapuh.

4. Menyimpan makanan di wadah plastik

 Kebiasaan yang Merusak Tubuh

Wadah plastik memang praktis untuk menyimpan makanan. Tetapi, zat kimia di dalam plastik tersebut ternyata bisa berbahaya bagi tubuh.

Bila ada kontak antara plastik dengan makanan yang dikemas, dapat terjadi perpindahan bahan-bahan kimia seperti monomer dan plasticizer ke dalam makanan.

Apabila zat-zat kimia tadi masuk ke dalam sistem tubuh manusia, maka dapat memicu beberapa penyakit, seperti kanker.

5. Langsung sikat gigi setelah makan

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *