tribunnews.com

Jika Semua Aliran Anak Sungai Musi Seperti Ini, Palembang Luar Biasa

Posted on

Nyaris tak terlihat sampah yang mengapung di aliran sungai Musi Kawasan Pasar 10 Ulu Palembang menjadi pemandangan yang tampak berbeda dari sebelumnya, Senin (28 / 11 / 2016)

tribunnews.com
tribunnews.com

Bahkan kondisinya tak kalah dengan yang ada di luar Kota Palembang, seperti di Kota Bandung dan Surabaya.
Jika kondisi aliran anak sungai ini mampu dipertahanan yang tetap bersih dan tertata rapi, mungkin bisa disetarakan dengan kondisi aliran anak sungai yang ada di luar negeri.

Pagar pembatas pada dua sisi anak sungai, diwarnai dengan cat warna biru yang dikombinasikan dengan warna kuning. Sehingga pagar tampak indah dan tertata rapi. Bahkan juga ditambahi palang besi yang fungsikan sebagai tempat duduk.

Lebih indah lagi berjejer perahu ketek sebagai angkutan sungai bagi sebagian warga yang hendak berbelanja di Pasar 10 Ulu. Perahu ketek yang melintas di aliran anak sungai ini pun tampak mudah dan tidak terkendala mengarungi aliran anak sungai.

Baca Juga: Pria Bantul Ini Ubah Mobil Pribadinya Jadi Ambulans Desa, Ia pun Tak Pernah Pungut Biaya dari Warga

Kebersihan aliran anak sungai Musi di kawasan Pasar 10 Ulu ini, tak lepas dari peran Walikota Palembang Harnojoyo yang turun langsung membersihkan aliran anak sungai.

“Enak juga lihatnya kalau bersih seperti ini. Bisa jadi nantinya jadi tempat wisata yang baru bagi warga Palembang,” ujar Rika, warga yang melintas di lokasi.

Sejumlah warga yang melintas di lokasi, sangat berharap kebersihan aliran anak sungai tetap terjaga. Terlebih lagi kawasan Pasar 10 Ulu Palembang kini terus berbenah dan petugas kebersihan pun dengan giat dan sigap membersihkan sampah disekitar lokasi pasar.

“Mungkin aliran anak sungai ini bisa kembali kotor, kalau airnya sedang surut mungkin banyak lagi sampahnya. Apalagi masih banyak warga yang buang sampah sembarangan ke aliran anak sungai,” ujar Dede warga lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *