Google.com

Nikah Sembunyi-Sembunyi (Sirri): Halal atau Haram?

Posted on

Nikah siri dijadikan tameng bagi mereka yang ingin halal menurut pandangan Islam namun sayangnya tak sedikit dari pelaku nikah siri yang belum mengetahui pasti mengenai maksud dan tujuan dari nikah siri itu sendiri.

Google.com
Google.com

Dalam kesehariannya, tak jarang kita mendengar istilah nikah siri. Namun jika kita perhatikan dengan cermat, ternyata model dan bentuknya sangat banyak dan beragam. Dengan demikian kita tidak bisa langsung memberi vonis terkait hukumnya, apakah halal atau haram, apakah zina atau bukan, sebelum kita sepakati dulu apa yang dimaksud dengan istilah nikah sirri secara objektif dan jelas. Barulah sesudah itu bisa kita jelaskan hukumnya.

Makna Bahasa

Secara bahasa, kata sirri itu bermakna rahasia. Sehingga bisa kita terjemahkan secara bebas bahwa makna nikah sirri itu adalah nikah secara rahasia.

Makna Istilah

Meski menggunakan sebutan yang sama, dalam prakteknya kita sering mendapati orang menamakan berbagai macam pernikahan dengan istilah nikah sirri, padahal kenyataannya wujud dan keadaannya saling berbeda-beda. Maka ada baiknya kalau kita pilah-pilah dulu, apa yang disebut dengan istilah nikah sirri menurut berbagai macam latar belakangnya, serta hukumnya.

Baca Juga: Meski Gaji Cuma Rp 3 Juta, dengan Cara Menabung Ini Kamu Bisa Menikah 3 Tahun Lagi!

Latar Belakang

Nikah Sirri. Menarik untuk dibahas dalam hal nikah sirri adalah sisi latar belakang atau motivasinya. Sebab pada dasarnya pernikahan itu bukan dirahasiakan, justru seharusnya diumumkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Umumkanlah pernikahan.” (HR. Ahmad). Kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintakan untuk mengumumkan pernikahan, lalu mengapa sampai ada orang yang menikah secara diam-diam alias nikah sirri? Ada apa sebenarnya?

Halaman=> 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *