Naufal Raziq, Bocah SMP Tanah Aceh yang Temukan Energi dari Pohon Kedondong Bikin Salut Indonesia

Posted on

Kalau Enstein sama Newton mah lewat sama bocah 15 tahun ini

Meskipun Indonesia sudah merdeka lebih dari 60 tahun lamanya, namun masih ada saja daerah yang belum merasakan listrik. Miris tentu saja karena ini begitu timpang, di sisi ibukota banyak yang memakai listrik secara boros tapi di daerah terdepan malah untuk penerangan sehari-hari pun hanya menggunakan lilin. Memang seperti itulah keadaan di negeri ini.

Melihat realitas tersebut, beberapa generasi bangsa mencari solusi untuk mencari sumber energi listrik alternatif. Salah satu dari pemuda berbakat itu adalah Naufal Rizki, bocah ajaib ini berhasil bikin sumringah orang-orang di sekitarnya karena berhasil menemukan sumber energi listrik yang sama sekali tak pernah terpikirkan sebelumnya. Ya, ia mendapati fakta kalau pohon kedondong ternyata ternyata memiliki aliran listrik yang bisa dimanfaatkan. Penasaran dengan cerita bocah tersebut? Simak ulasan berikut.

Berawal dari pelajaran IPA

Siapa yang menyangka penemuan tersebut terjadi karena rasa keingintahuan bocah kelas 3 MTSN itu terhadap ilmu pengetahuan alam. Awalnya, saat mendengar pelajaran dari guru mengenai asam yang terkandung dalam buah-buahan, bocah ini tertarik dan ingin membuktikan apakah buah juga dapat menghasilkan listrik. Pasalnya, dari benda yang mengandung asam, listrik dapat tercipta.

Sejak saat itulah Naufal melakukan percobaan terus menerus hingga akhirnya berhasil seperti sekarang. Kadang dia dibantu oleh orang tua, guru dan teman-temannya untuk melakukan eksperimen tersebut. Akhirnya percobaan yang dilakukan Naufal selama ini tidak sia-sia, dan terbuktilah bahwa buah kedondong ternyata juga bisa menghasilkan listrik.

Kegagalan berkali- kali dan biaya yang tidak sedikit

Menurut kamu berapa kali Naufal gagal dalam percobaanya? Delapan, sepulu atau lima belas? Ternyata Naufal harus mengalami kegagalan dalam eksperimenya hingga 60 kali. Sudah berbagai jenis pohon dia jadikan eksperimen, mulai mangga, jambu  dan buah lainnya hingga akhirnya dia berhasil pada Kedondong. Menurut penemuannya, satu pohon kedondong dapat menghidupkan dua lampu pijar selama seharian. Siapa sangka untuk mendapatkan penemuan itu dia juga harus merogoh kocek yang tidak sedikit. sering gagal dan makan banyak biaya

Hingga penemuan listrik dengan pohon kedondong itu berhasil kurang lebih sekitar 15 juta rupiah telah dia keluarkan. Namun pengorbanan dan kegigihan yang dilakukan Naufal tidak sia-sia. Kini dia bisa membantu banyak warga dan sudah banyak mendapatkan banyak penghargaan.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *