Tidur Lagi Setelah Bangun Subuh, Boleh Nggak Sih?

Posted on

Ada anggapan yang mengatakan bahwa tidur lagi setelah subuh tidak baik bagi kesehatan. Dan ternyata pendapat ini sesuai dengan anjuran dokter.

Photo Cedits: suara.com
Photo Cedits: suara.com

dr Astuti, SpS(K), dari Klinik Gangguan Tidur, RS Dr Sardjito Yogyakarta, mengatakan tidur memiliki siklus atau arsitektur yang tetap. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tidur juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak setelah seharian beraktivitas.

“Siklus tidur sudah dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan sehingga ketika kita terbangun, tubuh sudah istirahat, sudah mereparasi kerusakan, sudah mengonsolidasi memori yang menandakan kita siap untuk memulai aktivitas di hari yang baru,” ungkap dr Astuti dalam temu media di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Sehingga jika kita tidur lagi setelah bangun, tidurnya tidak akan nyenyak karena tubuh sudah siap aktivitas disuruh untuk rileksasi lagi, Begitu bangun juga nggak enak kepala pusing, rasanya berat badannya, karena efek tidurnya yang tidak berkualitas dan siklusnya kacau,” terangnya lagi.

Dijelaskan dr Astuti, satu siklus tidur terdiri dari 4 tahap. Tahap pertama adalah fase mengantuk dan tidur awal. Pada tahap ini, seseorang sudah tidur namun masih bisa mendengar dan merasakan lingkungan sekitar.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *