A woman, convicted of murder, shouts as she hears the verdict before being taken to be executed in the southern Chinese city of Guangzhou, April 11, 2001. China is striking out against crime in response to rapidly mounting crime rates. BY/CP

4 Cara ‘Buas’ Pemerintah China Agar Pejabatnya Anti Korupsi, Indonesia Wajib Tiru!

Posted on
Sampai saat ini, China menjadi salah satu negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia. Semua itu tidak terlepas dari usaha pemerintahnya dalam memberantas pengurasan uang negara oleh para pejabat. Oleh sebab itu dibuat aturan-aturan super nyeleneh oleh negara ini agar pejabatnya tidak korup semua.

Masih soal kebijakan milik China itu, aneh memang tapi berkat aturan tersebut bisa dijamin kalau pejabat bakal takut setengah mati mengambil uang negara. Soalnya bukan hanya hukuman mati, penderitaan hidup juga bakal mereka terima nantinya. Lalu bagaimana cara China menakut-nakuti para pejabatnya itu? Simak ulasan berikut.

Malas datang, jabatan melayang

Sangat berbeda dengan negeri ini, di negara komunis itu bisa dibilang peraturannya sangat ketat dan mengikat. Jangan harap bisa santai-santai atau tiduran saat sidang, di sana tidak ada istilahnya pejabat melakukan “korupsi waktu” seperti itu. Ancaman pemecatan di negara itu bisa dibilang sangat tinggi ketimbang yang lain, pasalnya bakal ada pengawasan ketat secara berkala yang dilakukan.

Sampai ditemukan adanya kinerja yang menurun atau kedapatan bermalas-malasan, maka pemecatan bisa dengan mudah dilakukan. Sangat berbeda ya dengan negara ini, para pejabat yang ketahuan bermalas-malasan bukannya dipecat, malah makin kaya dibuatnya. Mestinya hal seperti ini patut dicontoh Indonesia.

Studi tour ke penjara buat mereka yang masih minat korupsi

Satu hal yang unik dari negeri tirai bambu ini, setiap calon pejabat bakal mendapatkan “kunjungan” sebelum mereka menjabat. Jangan dibayangkan kalau bakal seperti yang ada di Indonesia, keluar negeri atau ke tempat-tempat wisata, yang ada para calon pejabat itu harus melakukan safari ke penjara.

Aturan tersebut diberlakukan wajib agar para calon pejabat itu tahu bagaimana keadaan para koruptor yang menderita di penjara. Tidak ada fasilitas mewah sama sekali, bahkan perlakuan untuk pelaku korupsi ini sudah seperti narapidana kelas kakap. Dijamin mereka bakal menyesal mengambil uang negara.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *