9 Etika Dasar Berpakaian yang Harus Diketahui Para Cowok

Posted on

Bro, penampilan bukan hanya milik kaum hawa. Para lelaki juga harus mempraktikkan tata cara berpakaian. Lelaki yang tahu caranya berpakaian menandakan dirinya memiliki selera estetika. Kalau kamu tahu, sebenarnya berapakaian ala cowok tidak ribet sama sekali.

Kita hanya perlu memahami sembilan pondasi gaya berikut ini.

1. Dalam setelan formal, sesuaikan warna sepatu dan ikat pinggang.

Bukan rahasia bahwa setelan formal cowok tampak seperti seragam. Jadi sebisa mungkin cowok harus meminimalisir elemen-elemen yang ia pakai. Dalam setelan formal, unsur lain yang semestinya seragam adalah sepatu dan ikat pinggang.

2. Seimbangkan pakaian atas dan bawah.

Arti dari menyeimbangkan adalah menyesuaikan proporsi. Misalnya bila kita memakai celana pendek, hindari kemeja atau jas berlengan panjang. Padukan celana pendek dengan kaos sehingga memunculkan kesan kasual.

3. Tema baju dan musim yang sedang berlangsung juga berhubungan lho.

Warna baju bisa diasosiasikan dengan musim atau cuaca yang sedang berlangsung. Misalnya ketika musim panas, pakailah baju yang berwarna terang dan menghindari warna-warna gelap. Warna terang akan membuat kita identik dengan nuansa ringan sehingga tubuh tidak terlihat sumpek serta panas.

4. Hindari menggunakan rompi.

Rompi sebenarnya hanya untuk baju tiga lapis, alias jas. Menggunakan rompi yang berdiri sendiri tanpa dipadu dengan jas hanya akan membuat cowok terlihat seperti pramusaji restoran.

5. Jangan kancingkan kancing baju di bagian paling bawah.

Mengancingkan kancing baju paling bawah akan membatasi ruang gerak pinggang. Kita jadi merasa susah berjalan dan terlihat kaku ketika bergerak. Karena itu, hindarilah kancing sakral tersebut.

6. Tali selempang dan ikat pinggang tidak dibuat untuk dikenakan bersamaan.

Sama seperti aturan kancing terbawah, tali selempang dan ikat pinggang yang dipakai bersamaan akan membatasi gerak tubuh. Efek buruk lainnya bila menggunakan tali selempang dan ikat pinggang bersamaan adalah celana jadi mudah rusak. Celana mudah rusak karena dipaksa untuk terus membatasi gerak tubuh sehingga jahitannya gampang putus.

7. Sepatu sneakers dan jas bukanlah pasangan yang harmonis.

Mereka berdua memang bukan pasangan harmonis. Kenapa? Karena satu pihak menggagalkan penampilan pihak lainnya. Sneakers dipakai untuk memberi kesan santai dan kasual, sementara jas digunakan sebagai pemberi impresi elegan serta formal. Sangat sulit menyatukan keduanya dalam satu penampilan yang menawan.

8. Terlalu banyak aksesoris di bajumu.

Minimalis adalah kunci penampilan elegan yang mempesona. Maka hindarilah terlalu banyak aksesoris atau elemen yang berbeda di pakaianmu. Apalagi kalau aksesoris yang dipakai mempunyai warna dan corak berbeda-beda. Tubuhmu akan terlihat menumpuk dan terlalu “penuh”.

9. Satu hal yang paling penting: berpakaian sesuai dress code atau kebutuhan!

Aturan nomor sembilan adalah faktor terpenting. Mau serapi atau setampan apapun cowok berdandan, kalau salah kostum bakal tetap runyam! Karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kebutuhan dan dress code suatu acara.

Jadi, sudah siap mempesona semua orang?

sumber: men.idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *