Ingin Badan Tetap Langsing? Berikut Tips Agar Jus Anda Tetap Sehat dan Bermanfaat

Posted on

Melakukan sedot lemak, diet ketat bahkan hingga olahraga berat sudah dilakukan banyak wanita untuk menjadi lebih langsing. Tapi banyak pula juga wanita yang mengeluh dan akhirnya menyerah melakukan diet. Mereka merasakan pengorbanan yang cukup berat. Bahkan saking beratnya, ada juga yang sampai jatuh sakit hanya karena ingin kurus.

Sebenarnya hal ini tidak akan terjadi kalau anda memahami apa saja makanan dan minuman yang bisa meluluhkan lemak dalam tubuh. Misalnya dengan mengonsumsi jus secara rutin. Namun agar diet berhasil ada hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai jus. Berikut tips berkaitan dengan jus agar kandungan minuman anda tetap sehat:

Cuci Buah dan Sayuran
Sebelum dijus, ada baiknya anda membersihkan buah dan sayuran. Jika anda tidak mencuci mereka dengan hati-hati, bakteri dapat berkembang biak di dalam blender. Hal itu akan membuat semua jus anda tidak sehat.

Jangan Terlalu Banyak Gula
Ketika membuat jus, anda cenderung menambahkan gula untuk rasa manis. Tanpa sadar hal ini meningkatkan asupan gula anda. Oleh karena itu, hindari menambahkan gula ke semua jus anda.

Segera Minum Jus Anda
Jika membuat jus, segera minum dalam keadaan segar. Jangan menyimpannya di lemari es. Sebagian besar jus terasa sehat hanya ketika mereka dikonsumsi segera.

Perhatikan Kombinasi yang Sehat
Hal lain yang perlu pecinta jus adalah tentang kombinasi yang sehat dan tidak sehat. Tidak semua kombinasi dari buah-buahan dan sayuran cenderung sehat. Konsultasikan pada ahli diet anda untuk tahu tentang kombinasi yang sehat dari buah-buahan dan sayuran.

Tak Semua Sayuran Baik Dalam Keadaan Mentah
Tidak semua sayuran yang mentah sangat baik dikonsumsi oleh anda. Beberapa sayuran perlu dimasak untuk membuat mereka lebih sehat. Jadi anda harus terlebih dahulu tahu tentang fakta-fakta gizi seperti sebelum anda masuk lebih dalam sebagai pecinta jus.
jus sehat

Jus memang berkhasiat mengenyangkan dan memiliki banyak vitamin untuk tubuh anda. Namun anda juga perlu memperhatikan fakta dan tips berikut agar jus tetap sehat:
Menyimpan Peralatan dengan Baik
Blender merupakan peralatan utama anda. Untuk itu anda perlu memperhatikan kebersihkan. Sebelum menggunakannya, anda bisa mencucinya dengan air hangat agar terhindar dari bakteri.

Jangan Menyaring Ampas
Anda akan kehilangan kandungan serat terutama jika menyaring ampas. Jadi pastikan bahwa anda minum jus bersama ampasnya untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan.

Konsumsi Jus di Pagi dan Siang Hari
Adakah waktu yang tepat untuk mengonsumsi jus? Waktu yang tepat untuk mengonsumsi jus adalah di pagi dan siang hari. Sebaiknya dalam mengonsumsi jus hendaknya diminum sebelum makan agar zat gizi yang terkandung didalamnya bisa langsung terserap oleh tubuh.

Buah dan Sayuran Dalam Keadaan Segar
Buah dan sayur yang akan dibuat jus hendaknya dipilih yang segar. Buah dan sayur yang segar cenderung memiliki kandungan zat gizi yang lengkap dibandingkan bahan pangan yang telah dimasak.

Perhatikan Tingkat Kematangan Buah dan Sayur
Buah dan sayur yang akan dibuat jus sebaiknya memiliki tingkat kematangan yang optimal. Ini karenakan banyak sekali zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama buah belum matang. Misalnya pada buah pisang mentah umumnya mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk pati. Jika telah matang, pati tersebut akan berubah bentuk menjadi gula yang lebih mudah diserap dan dimanfaatkan tubuh.
Buah dan sayur identik dengan makanan sehat. Namun sebelum diolah menjadi jus, ada baiknya anda memperhatikan dan membersihkannya. Peralatannya juda perlu diperhatikan. Sebab bakteri yang tak baik bisa ikut masuk dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *