tribunnews.com

Parade Nusantara Bersatu di Lapangan Renon, Ketua FKUB Bali : Satyam Eva Jayate

Posted on

Ribuan masyarakat Bali turut melaksanakan parade Nusantara Bersatu sebagai upaya untuk menjaga keberagaman dan kebhinekaan Indonesia.

tribunnews.com
tribunnews.com

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Bali, Ida Idewa Ngurah Suasta  mengatakan bahwa Bali sudah menjadi ikon nasional dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Ia mengatakan, dalam mempertahankan hal tersebut, Bali memiliki identitas filosofis, menguatkan Pancasila, Menyame Braya, dan Tat Twam Asi.

Oleh karena itu ia kembali mengajak agar semua suku dan agama di Bali berkumpul dan berdoa agar semangat ini ditularkan ke seluruh Indonesia terutama Jakarta untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita berkumpul dari seluruh agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Konghucu, dan Hindu. Berdoa memulai dari tanah ini (Bali) kita berseru kepada insan Indonesia di seluruh pelosok tanah air terutama di Jakarta. Kita jaga persaudaraan kita semua, persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya saat orasi di lapangan Renon, Denpasar, Rabu (30/11/2016).

Dijelaskannya bahwa kerukunan yang dibangun Indonesia berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika wadah persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Ia pun mengingatkan Indonesia bukan hanya dari satu suku melainkan semua suku di Indonesia.

“Tanpa memandang agama baik Kristen, Hindu, Budha, tanpa memandang suku baik Aceh, Padang, Ambon, Madura, Papua semua saya cintai dan kita cintai. Saya ingatkan semua kita berdiri dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, itu adalah komitmen dan sebuah kesepakatan bangsa. Saya pasti mati untuk merah putih dan saya berani mati untuk merah putih, Satyam Eva Jayate (kebenaran selalu benar),” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *