Inilah Jawaban Mengapa Laki-laki Jarang Menangis Dibandingakan Perempuan

Posted on
Pada beberapa kasus menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul betul sedih atau tertekan.
Reaksi menangis tidak mudah untuk dibuat-buat atau dipalsukan karena pada saat menangis air mata yang diproduksi seseorang mengaburkan pandangannya dan melumpuhkan kemampuannya untuk menyerang ataupun bertahan dan mengirimkan sinyal pada orang orang terdekat bahwa seseorang tersebut dalam keadaan butuh pertolongan, ditenangkan, atau ditemani.
Ilustrasi Pria Menangis
Mau menerimanya atau tidak, harus diakui bahwa laki-laki lebih jarang menangis daripada perempuan.
Bahkan, sebuah studi oleh Professor Ad Vingerhoets dari Tilburg University, Belanda, menemukan bahwa rata-rata perempuan bisa menangis 30 hingga 64 kali dalam setahun, sedangkan laki-laki hanya menangis sebanyak enam hingga 17 kali dalam setahun.
Perbedaan yang sangat jomplang ini, menurut psikolog Georgia Ray, disebabkan oleh alasan sosiologi dan fisiologi. “Laki-laki lebih jarang menangis daripada perempuan karena alasan-alasan yang alami dan dipupuk,” ujarnya.
Dia mengatakan, walaupun laki-laki memang memiliki tingkat laktogen (hormon yang ditemukan dalam air mata emosional) yang lebih rendah dibandingkan perempuan, stereotip dan ekspektasi sosial juga menghalangi laki-laki dalam menunjukkan air mata emosional mereka.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *