Jadi Manusia Tertua, Mbah Gotho Ternyata Jago Berenang

Posted on

Masyarakat Indonesia masih dibuat heboh dengan manusia tertua berusia yakni 146 tahun yang berasal dari Sragen. kakek bernama Sodimejo atau yang biasa disapa Mbah Gotho ini lahir di Kota Sragen, 31 Desember 1870 yang lalu.

Tentunya banyak orang yang penasaran dengan tips kesehatan dari Mbah Gotho. Bahkan hingga kini ia masih bisa menceritakan kisah hidupnya meski harus terbata-bata. Cucu yang kini merawatnya mengatakan, banyak orang yang bertanya mengenai resep panjang umurnya.

“Tetangga atau tamu yang datang sering tanya kepada Mbah, ‘Resep panjang umur apa?’,” ungkap Suryanto sang cucu. “Mbah Gotho selalu menjawab, ‘Ikhlas. Panjang umur tersebut adalah mukjizat dari Yang Kuasa’.”

Menurut Suryanto, kakeknya itu jago berenang. “Dulu, katanya orang sepuh di desa, Mbah Gotho suka berenang dan mencari ikan di sungai, bahkan menangkap ikan tanpa bantuan alat,” jelas Suryanto.

“Dulu masih kerja cari rumput, cari kayu, tetapi sekarang kebanyakan di rumah saja,” tukas Suryanto. Sayangnya, kesehatan Mbah Gotho kini mulai melemah. Sehingga, ia hanya menghabiskan waktu duduk di ruang tamu rumah sang cucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *