hipwee.com

Berhenti Mencibir Orang Lain Saat Kita Tak Tahu Apapun Tentangnya

Posted on

Seringkali kita sangat mudah untuk menghakimi orang lain. Cuma karena mereka terlihat lebih sukses, kita pun berprasangka buruk bahwa mereka melakukan kecurangan demi meraih keberhasilan. Hanya karena mereka mampu, akhirnya kita pun bersikap sinis padanya.

Namanya manusia, kita memang tempat salah dan lupa. Tak pernah bisa merasa puas. Tak pernah berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Saat orang lain lebih bahagia dan sukses, kita merasa rendah diri. Saat orang lain terlihat lebih dilapangkan jalannya untuk mencapai kesuksesan, kita malah berprasangka negatif tanpa alasan.

Kita Tak Pernah Tahu Apa yang Sedang Diperjuangkan Orang Lain

hipwee.com
hipwee.com

Mungkin ada temanmu yang saat ini terlihat sudah punya hidup yang enak. Kehidupannya membuat banyak orang merasa iri. Apa yang dimilikinya pun jelas hal-hal yang selama ini cuma bisa dimiliki oleh segelintir orang saja. Semua yang dimilikinya saat ini terlihat istimewa.

“Do you know what we call opinion in the absence of evidence? We call it prejudice.”

Michael Crichton, State of Fear

Kita mungkin dibuat iri dan cemburu dengan semua yang dimilikinya. Tapi kita juga perlu ingat kalau setiap orang punya kesulitan dan masalahnya.Tiap-tiap orang memiliki perjuangannya sendiri. Hanya saja mereka tak pernah mengeluh atau mengumbar keluh kesahnya pada orang lain.

Hidup Kita Sendiri Banyak Kekurangannya

hipwee.com
hipwee.com

Sibuk mengurusi dan mencampuri orang lain bisa membuatmu lupa dengan kehidupanmu sendiri. Setiap kali kita terlalu sibuk ikut campur dalam urusan orang lain, kita bisa lupa dengan fakta bahwa kehidupan kita pun banyak kekurangannya. Masih banyak kekurangan yang kita punya dan perlu diperbaiki. So, daripada membuang waktu mengurusi orang lain, kenapa nggak fokus memperbaiki diri saja?

Baca Juga: Kejar Karier Impianmu Sebelum Jodohmu, Hidupmu Bisa Lebih Manis!

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *