Usia 20 tahun adalah di mana seorang wanita kerap di sodorkan pertanyaan “neng kapan nikah?” “neng sudah ada calon?” Mungkin bagi sebagian orang pertanyaan ini sudah seperti santapan sehari-hari. Tetapi yang saya dengar dari cerita senior menurut sahabat saya di luar Indonesia, contohnya di Australia umur sekitar 27 tahun itu layaknya seperti umur 18 tahun dengan kata lain pada umur 27 tahun masih dianggap wajar jika belum menikah.

Pada umur tersebut karir, pendidikan berada dalam puncaknya. Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan kita bukan? So, jangan dulu risau karena itu,  karena sebelum melihat kearah sana ada hal-hal yang perlu kita niatkan.

1. Antara ingin dipertemukan atau ingin menemukan

siji
Menemukan via http://m.kolom.abatasa.co.id

Hal ini sulit tanpa takdir yang sudah berkata apa kita yang menemukan atau dipertemukan. Sesuatu yang sudah ada garisnya selalu menemukan jalan. Tak usah risau jika jalan cerita kita yang menemukan, mengejar, berharap, dan selalu berdoa jika memang dia ditakdirkan menjadi jodoh kita tak akan sia-sia. Jika bukan dia, tak usah risau karena takdir akan membuat kita dipertemukan dengan orang yang lebih dari sekedar apa yang kita sebut dalam doa.

2. Urusan jodoh sederhanakan saja

easy via http://www.wp.allex-board.com

3. Bicara tentang niat

Niat via https://kukuhcadiputra.files.wordpress.com
Niat via https://kukuhcadiputra.files.wordpress.com

Niat itu erat hubungannya dengan kemauan, akhir-akhir ini saya selalu menyimpulkan sendiri bahwa “jika saya mau pasti jalannya terbuka entah itu dari mana”. Jadi jangan risau jika memang ingin segera dipertemukan atau menemukan. Niatkan saja, tapi niat tersebut harus disertai dengan keyakinan bahwa niat yang baik akan berujung pada kebaikan.

4. Tinjau hati bukan fisik

Amal ikhlas via https://salafiyunpad.files.wordpress.com
Amal ikhlas via https://salafiyunpad.files.wordpress.com

Tidak salah jika dalam mencari pasangan hal yang paling utama dilihat adalah apakah perempuan itu berparas cantik atau laki-laki itu berwajah ganteng. itu adalah kriteria yang umum. Namun jangan risau dengan fisik, bagaimanapun urusan hati kita tak bisa menilai, kadang kegantengan atau kecantikan itu selalu relatif dibanding dengan keelokan budi. Jangan lihat fisikmu, tak masalah jika kamu berpostur gemuk, pendek, kurus, tinggi. Ada sebuah kutipan dari ayah Hamka berbunyi

“Keikhlasan hati dibayangkan oleh mata. Bagaimanapun indahnya menyusun kata, kalau perkataan itu tidak timbul dari hati yang jujur, niscaya mudah diketahui. Lidah yang mengucapkan senantiasa pula dikhianati oleh mata. Sebab itu orang jujur, matanya bercahaya. Dan kejujuran adalah salah satu sumber kecantikan bagi perempuan dan wajah cakap bagi laki-laki”

5. Jodoh? Tenang sudah ada yang menyiapkan

calm beach via http://7-themes.com
calm beach via http://7-themes.com

So, jika ada yang masih menanyakan tentang jodoh jawab saja “Tenang sudah ada yang nyiapin” jika hidup tidak sesimple itu, maka jika jodoh buatlah sesimple mungkin. Tidak usah risau setiap orang mempunyai jodohnya masing masing, tak melihat fisik, tak melihat kekayaan, tak melihat kedudukan. Jika sudah digariskan seseorang itu adalah jodoh kita meski jarak kita sangatlah jauh, jalan untuk bertemu itu hanya menunggu soal waktu.