Kakak Perempuan Itu Luar Biasa Tangguhnya, Kamu Akan Bersyukur Karena Ada Dia Dalam Keluarga

Posted on

kakak-perempuan-kuat

Sejak kita kecil hingga menjadi dewasa, sosok kedua orang tua adalah yang biasa kamu andalkan. Ayah dan ibu jadi sebaik-baik tujuan ketika kamu mendapat suatu masalah atau kesulitan. Mereka pula yang selalu siap sedia memberi bantuan tanpa sedikitpun pernah meminta balas budi.

Ya, peran orang tua memang luar biasa. Tapi, tahukan kamu bahwa sebenarnya ada sosok lain dalam keluarga yang tak kalah hebat dari mereka? Dia yang sesekali akan menggantikan peran orang tua saat ayah dan ibu tak ada. Dia pula tempatmu berbagi keluh kesah saat kesulitan datang mendera.

“Karena dia terlahir untuk jadi tangguh dan luar biasa. Dia kakak perempuan yang lahir pertama ke dunia, dan mengemban tugas untuk menjaga adik-adiknya…”

Kakak perempuan akan selalu dijadikan teladan. Sejak kecil dia ditempa agar bisa bersikap baik dalam sikap maupun perbuatan.

kakak-perempuan

Sebagai anak pertama, kakak adalah “uji coba” pertama yang dilakukan orang tua. Di masa ini, ayah dan ibu akan berusaha membesarkan dan mendidik dia dengan sebaik-baiknya. Memastikan bahwa kelak saat adik-adiknya lahir, si kakak dapat dijadikan teladan yang baik entah itu dalam prestasi maupun sikap dan perbuatan sehari-hari. Apalagi sebagai kakak perempuan, dia akan dididik agar selalu bisa diandalkan. Karena saat ayah atau ibu sedang tak ada, si kakak perempuan lah yang akan berperan menggantikan posisi mereka.

Meski terlahir sebagai perempuan, ketangguhannya pun diuji supaya adik-adiknya juga terlindungi.

kakakkk

Kak, tolong temani adik main dulu. Ibu mau masak nih.

Iya, Bu.

Jangan sampai adik main keluar, ya. Bahaya banyak kendaraan ngebut di depan rumah.

Iya, Bu.

Kakak perempuan adalah pribadi yang tanggung. Saat ayah dan ibu sedang kerepotan untuk menyelesaikan urusan rumah, si kakak lah yang selalu bisa diandalkan. Meski pekerjaan yang dilakukan terbilang sederhana seperti menjaga atau menemani adik bermain, tapi tanggung jawab yang dia emban sebenarnya tak kalah besarnya.

Menemani atau menjaga adik bermain tentu butuh kewaspadaan. Jangan sampai si adik melakukan hal-hal yang membahayakan. Dari hal-hal sederhana inilah ketangguhan si kakak mulai ditempa. Meski sebagai perempuan, dia dididik jadi sosok yang bisa melindungi adik-adiknya yang memang lebih kecil dan lebih lemah.

Baca juga: Kerja Secukupnya! Karena Uang Tidak Akan Bisa Mengganti Waktu Bersama Keluarga

Keadaan membuatnya terbiasa mandiri. Dia bertanggung jawab pada diri sendiri, juga adik-adik yang disayangi.

cewekmandiri

Jadi anak pertama atau jadi anak satu-satunya adalah kesenangan. Di momen ini, ayah dan ibu tak akan berbagai kasih sayang dan perhatian. Pokoknya, semua tercurah untuk satu anak saja. Tapi, apa yang terjadi setelah satu adik lahir dan disusul adik-adik yang lain? Perhatian dan kasih sayang orang tua pun akan terbagi. Di titik ini, tidak ada pilihan lain kecuali bertumbuh jadi pribadi yang mandiri.

Saat ibu sudah sibuk mengerjakan pekerjaan rumah sambil mengurus adik, kakak akan berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri. Mengerjakan PR atau menyiapkan peralatan sekolah sudah jadi tanggung jawab sendiri, tanpa perlu diingatkan ayah atau ibu. Bahkan setelah semakin dewasa, kakak lah yang akan perhatian untuk memeriksa atau mengingatkan tugas-tugas sekolah adik-adiknya.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *