tstatic.net

Kakek 84 Tahun Berkeliling Sewakan Alat Timbangan Badan

Posted on

Sakim, seorang kakek yang berusia 84 tahun ini rela bersusah payah berkeliling menwarkan jasa menimbang badan menggunakan alat timbangan.

tstatic.net
tstatic.net

Sehari-hari, warga yang tinggal di kediaman kerabatnya di Kampung Bongas, Kelurahan Sindang Kasih, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta ini, menerima uang dari warga yang meminjam mesin timbangan mulai Rp 500, Rp 1.000, dan Rp 2.000.

“Berapa pun dikasih uang, saya terima. Itu rezeki buat saya, walaupun Rp 500,” ujarnya, Senin (21/11).

Rata-rata pendapatannya dari hasil meminjam alat timbangan selama satu hari minimal Rp 20 ribu, yang terdiri dari uang recehan.
Sakim berangkat dari rumah milik kerabatnya setiap hari pukul 07.00 hingga menjelang sore. Sudah satu tahun dia bekerja berkeliling menawarkan pinjaman alat timbangan. Sebelumnya, Sakim berjualan es keliling.

“Saya dikasih uang pinjaman dari teman Rp 150 ribu untuk usaha baru, menawarkan timbangan badan pakai alat timbangan,” kata Sakim.

Sakim mencicil utang Rp 150 ribu kepada teman itu setiap hari. Selama setahun menyewakan alat timbangan, dia sudah tiga kali membeli alat timbangan.

“Misalnya sehari dapat Rp 20 ribu, Rp 10 ribunya saya bayarin buat bayar utang dengan dicicil. Kalau dapat Rp 10 ribu, enggak bayar dulu soalnya saya harus makan Rp 5.000 dengan nasi, kecap, dan tempe goreng satu saja cukup buat sehari,” ujarnya.

Meski hanya bermodalkan mesin timbangan berukuran 20×20 cm, Sakim mengaku masih akan terus menggeluti pekerjaannya itu.
Saat alat timbangannya pertama rusak, Sakim sempat menjadi buruh selama empat pekan dengan bayaran Rp 280 ribu.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *