Kebetulan Atau Ketentuan? Ini Makna Ayat 212 dalam Surat Albaqarah

Posted on

Beberapa titik di Jakarta seperti Monas dan Bundaran HI dipenuhi sekitar 7 jutaan umat Islam dari seluruh Indonesia pada Jum’at (2/12/2016)

7 juta ummat dalam aksi super damai 212
republika.co.id

Aksi Demo Super Damai Bela Islam III yang juga dinamakan “Aksi 212” ini juga berlangsung di sejumlah kota di Indonesia, termasuk Banda Aceh.

Salah satu aspirasi yang dibawa dalam aksi ini adalah, menuntut aparat hukum untuk menangkap dan menahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kasus penistaan Alquran dan agama Islam.

Lalu, apa makna di balik angka 212 (2 Desember) yang menjadi simbol dalam aksi ini?

Memang tidak ada penjelasan resmi dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI). Namun, banyak pihak yang kemudian mengait-ngaitkan tanggal pelaksanaan aksi Bela Islam III ini dengan Alquran.

Salah satunya disampaikan oleh H Sulaiman Lc, khatib Jumat di Masjid Albadar, Lampineung, Banda Aceh.

“Tadi sebelum saya berangkat ke masjid ini, saya menyempatkan diri membuka Alquran, melihat ayat 212 dalam Alquran, yaitu dalam Surat Albaqarah,” ungkap Tgk Sulaiman.

Tgk Sulaiman kemudian membacakan ayat 212 dalam Surat Albaqarah yang maknanya:

“Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di Hari Kiamat. Dan Allah memberi rizki kepada orang-orang yang dikehendakiNya tanpa batas.” (Al-Baqarah: 212)

Tgk Sulaiman kemudian memberikan contoh bagaimana para kuatnya perjuangan orang-orang yang datang ke Jakarta untuk mengikuti aksi membela agama Allah.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *