Kulitmu Sering “Bentol-bentol” Bahkan “Gatal” Tiba-tiba?? Ternyata “Ini” Penyebabnya! Kamu Harus Tahu!

Posted on

Banyak orang yang mengalami hal serupa, saat dingin atau panas, atau terkena angin, maka badan akan muncul bentol-bentol merah, sebenarnya mengapa ini bisa terjadi?

Sebenarnya ini adalah Urtikaria, sebuah kondisi kelainan kulit yang disebabkan karena berbagai faktor seperti peradangan sementara pada kulit yang membuat gatal-gatal, demam, sakit perut, diare dan gejala lainnya.

Penyebab timbulnya bentol-bentol ini ada beberapa macam, misalnya dari makanan sehari-hari, seperti seafood atau jenis ikan lain yang dapat dengan mudah merangsang alergi, atau juga dari obat-obatan maupun faktor psikologis.

Karateristik Urtikaria sendiri adalah munculnya warna merah segar baik kecil maupun besar di atas kulit, bentolan seperti ini bisa saja muncul tiba-tiba, dan dalam beberapa jam sudah hilang sendiri, dan tidak meninggalkan bekas apapun. Urtikaria dapat muncul berulang kali, setiap hari, minggu, bulan atau tahun.

Urtikaria adalah penyakit yang sering dijumpai,  setidaknya 15-20% orang pernah mengalaminya sekali seumur hidup. Urtikaria juga dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu akut dan kronis. Untuk yang akut, biasa akan sering muncul namun cepat hilang.

Gejala Urtikaria kronis ringan biasa akan muncul dalam waktu yang lebih lama dan tidak menentu, misalnya hitungan bulan atau tahun, tidak ada waktu yang pasti. Namun kebanyakan dari penderita ini sendiri pun tidak tahu apa alasannya.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *