liputan6.com

Lulusan SMP Tapi Kualitasnya Diakui Selevel S3. Tanpa Sekolah Tinggi, Bu Susi Buktikan Bisa Sukses!

Posted on

Kabar membahagiakan datang dari Susi Pudjiastuti yang belum lama ini menerima sertifikat kompetensi profesi bidang pembangunan kelautan dan perikanan. Tidak tanggung-tanggung ia diberi jenjang kualifikasi level 9, yang apabila di bidang akademik setingkat gelar doktor. Pemberian sertifikat ini juga tak sembarangan lho guys. Ada penilaian khusus berdasarkan pencapaian yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja.

liputan6.com
liputan6.com

Nah, kalau menteri Susi sendiri memperoleh pencapaian tersebut dari rekam jejak pengalaman kerjanya yang gemilang. Seperti yang kita ketahui, Susi hanya lulusan SMP. Namun, meski tidak mengecap bangku SMA dan pendidikan tinggi, Susi mampu berkontribusi bagi negeri. Bahkan julukan sebagai prajurit pelindung laut nusantara layak disematkan padanya, berkat keberaniannya menerapkan kebijakan yang bagi banyak orang terdengar gila.

Susi Pudjiastuti memang nggak mengambil perkuliahan secara formal, tapi berkat kinerjanya ia berhasil mendapat sertifikat kompetensi profesi yang setingkat doktor di bidang akademik

liputan6.com
liputan6.com

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diwakili oleh Sumarna F Abdurahman, menyerahkan sertifikat kompetensi profesi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, – Susi Pudjiastuti. Sertifikat yang diterima oleh Susi memiliki kualifikasi level 9 yang setingkat gelar doktor dalam bidang akademik. BNSP sendiri nggak memberikan begitu saja sertifikat ini tanpa pertimbangan. Setidaknya ada 16 kompetensi yang jadi bahan penilaian, diantaranya mengembangkan keputusan strategis nasional bidang keilmuan kelautan dan perikanan untuk menghasilkan kebijakan karya kreatif, memecahkan permasalahan bidang kelautan dan perikanan melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner, dan kompetensi lainnya.

Susi adalah anomali diantara deretan pejabat penting negara yang berpendidikan tinggi. Susi yang tidak pernah mengenyam bangku kuliah tersebut nyatanya mampu membuat serangkaian kebijakan yang bertujuan untuk melindungi laut nusantara. Kinerjanya nyata dan nggak hanya sekadar wacana. Wajar jika sepak terjangnya diganjar sertifikat setingkat gelar doktor.

Halaman=> 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *