liputan6.com

Lulusan SMP Tapi Kualitasnya Diakui Selevel S3. Tanpa Sekolah Tinggi, Bu Susi Buktikan Bisa Sukses!

Posted on

Bukti nyata sumbangsih Susi pada bidang kelautan dan perikanan tertuang dalam pemikiran dan kebijakannya. Bahwa selama ini dia nggak hanya ongkang-ongkang kaki terus terima gaji

viva.id
viva.id

Salah satu sumbangsih Susi di bidang kelautan dan perikanan adalah risetnya mengenai rumpon, tempat tinggal atau tempat berkumpul (berbiak)nya ikan yang sengaja dibuat orang untuk memudahkan penangkapan ikan, yang bisa menjebak ikan di tengah lautan. Efeknya, ikan sulit untuk masuk ke wilayah pesisir, sehingga nelayan sukar menjaring ikan dekat pantai. Hasil riset Susi tentang rumpon ini memengaruhi keputusannya dalam menetapkan kebijakan. Jadilah ditetapkan kebijakan untuk menertibkan pemasangan rumpon.

Langkah nyata susi, baik dalam bentuk riset ataupun penetapan kebijakan menjadi bukti totalitasnya memangku jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Prestasi Susi seolah menjadi angin segar di tengah apatisme masyarakat terhadap kinerja pejabat negara.

Berani membuat kebijakan tenggelamkan kapal ikan ilegal, menteri Susi memang pantas dijuluki sebagai prajurit pelindung laut nusantara. Ia juga cerminan dari perempuan masa kini yang berani

terbitsport.com
terbitsport.com

Bagi sebagian kamu, ketika mendengar nama perempuan kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini mungkin langsung membayangkan penenggelaman kapal ikan ilegal. Yup, Susi berani menetapkan kebijakan untuk menenggelamkan kapal ikan ilegal, baik yang berbendera asing maupun berbendera merah-putih. Langkahnya ini semata untuk melindungi laut nusantara, terutama di kawasan ZEE atau Zona Ekonomi Ekslusif yang kerap dijarah oleh kapal ikan dari negara lain. Para cewek bisa belajar dari Susi yang nggak sungkan untuk membuat gebrakan demi perubahan. Jangan lagi kepentok diskriminasi gender, perempuan memang sudah seharusnya berkontribusi nyata untuk negara, sesuai bidang dan kapabilitasnya. Setuju nggak nih, girls?

Halaman=> 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *