Parakang, Makhluk Mistis Asal Sulawesi Selatan yang Dipercaya Bisa Berubah Wujud Jadi Apa Saja

Posted on

Dari sekian banyak cerita mistis dan kisah-kisah legenda yang tersebar luas di Indonesia, beberapa di antaranya telah menapaki sejarah panjang. Dan khusus di daerah Sulawesi Selatan, parakang merupakan satu dari sekian makhluk yang jika disebut membuat masyarakat cukup ngeri.

Masyarakat Bugis-Makassar meyakini bahwa parakang bisa berupa apa saja disekitar kita. Karena itu, makhluk ini disebut-sebut sebagai ancaman yang tak kentara. Tidak puas menggangu, makhluk gaib ini juga tak segan untuk menghabisi nyawa korbannya. Nah seperti apa kisah parakang yang tersebar di masyarakat, berikut ini pembahasannya.

Parakang, Jelmaan Orang Biasa yang Gagal Belajar Ilmu Hitam

Ilustrasi belajar ilmu hitam 

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar Sulawesi Selatan, parakang awalnya adalah manusia biasa. Manusia tersebut dikatakan menempuh ilmu hitam tertentu seperti pesugihan dan sejenisnya. Sayangnya, di tengah-tengah ritual mereka gagal atau tak sanggup melakoni beratnya tahapan. Karena hal itu, manusia dengan ilmu hitam yang setengah-setengah menempel di tubuhnya, akhirnya berubah menjadi makhluk jadi-jadian. Selain itu, masyarakat juga meyakini bahwa darah parakang bisa diturunkan seseorang pada anak cucunya Wah, serem juga ya.

Wujud Makhluk Jadi-Jadian Parakang

Ilustrasi parangkang

Di keadaan normal, wujud parakang dikatakan tak ubahnya manusia biasa. Namun saat makhluk gaib ini beraksi, matanya terlihat seram dengan bola berwarna merah menyala, lidah cukup panjang yang kadang dijulurkan keluar, kulit keras dan tebal, kuku tajam memanjang, serta tak mempan ditembus apa saja.

Baca Juga: Inilah 4 Suku Gaib Paling Misterius di Indonesia, Ada yang Bisa Terbang!

Bisa Berubah Kapanpun dan Dimanapun  

Ilustrasi berubah
Tak seperti makhluk gaib lain yang kerap berubah wujud di malam hari, parakang justru tak mengenal waktu perubahan. Entah itu siang atau malam hari, bahkan di manapun mereka berada, parakang bisa berubah dengan mudahnya sesuai kehendak si empunya ilmu. Tak hanya berubah menjadi penampakan seram, parangkang juga mampu menjelma hewan dan benda.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *