Hati-Hati Pakai Clay Mask, Pastikan Kamu Paham 7 Hal Ini

Posted on
Clay mask atau masker lumpur memang sangat menarik perhatian. Hal ini tak lain karena khasiatnya yang diyakini luar  biasa. Tak hanya bisa bantu meningkatkan sirkulasi darah tapi juga mengangkat sel-sel kulit mati.

Menggunakan clay mask secara rutin bisa membuat kulit lebih cerah dan bebas minyak. Clay mask bisa menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Tapi tahukah kalau ada hal-hal tertentu yang perlu dipahami saat menggunakan clay mask?

1. Pilih Clay Mask yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Kenali dulu jenis kulitmu, lalu pilih clay mask yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Misalnya, untuk kulit berminyak, masker yang cocok adalah French green clay. Kalau ingin kulit lebih cerah alami, pilih red clay mask. Jadi jangan sembarangan pilih clay mask, ya Ladies.

2. Lanjutkan dengan Pemakaian Sheet Mask atau Hydrating Mask

Setalah selesai menggunakan clay mask, lanjutkan dengan pemakaian sheet mask atau hydrating mask. Tujuannya agar kulit tetap lembut, kenyal, dan terhindar dari dehidrasi. Karena biasanya setelah pakai clay mask, kulit jadi super kering.

3. Jangan Menggunakan Clay Mask Terlalu Lama

Ini nih kesalahan yang sering dilakukan banyak wanit. Saat menggunakan clay mask, jangan membiarkannya sampai terlalu kering. Ketika masker sudah mulai berubah warna, itu saatnya kamu untuk membilasnya. Saat permukaan masker mulai kering, nutrisinya sudah bisa diserap dengan baik dan minyak berlebih pun bisa berkurang. Kalau ditunggu sampai terlalu kering, kelembaban kulit bisa hilang dan jadinya malah sangat kering.

4. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Jangan langsung menggunakan clay mask. Bersihkan dulu kulit wajah hingga benar-benar bersih. Agar pori-pori kulit terbuka dan kotoran-kotoran terangkat.

5. Jangan Menggunakan Clay Mask Terlalu Sering

Selalu baca instruksi atau cara menggunakan clay mask dengan benar. Jangan sampai menggunakannya terlalu sering. Kalau terlalu sering malah bisa membuat kulit iritasi dan meradang. Untuk yang memiliki kulit tipe normal, gunakan sekali seminggu. Yang berkulit berminyak bisa menggunakannya dua kali seminggu. Tapi yang kulitnya kering, bisa cukup menggunakannya dua kali dalam sebulan. Jadi tak perlu digunakan setiap hari.

6. Bilas dengan Air Dingin

Karena tekstur clay mask pada dasarnya kering, membilasnya dengan menggunakan air hangat bisa malah membuat kulit dehidrasi. Jadi baiknya bilas saja dengan air dingin setelah clay mask mulai berubah warna atau agak kering.

7. Aplikasikan Tipis Saja di Kulit Wajah

Nggak perlu terlalu tebal memakai masker ini. Cukup aplikasikan tipis-tipis saja di permukaan kulit secara merata.

Itu tadi tujuh hal penting yang perlu kamu pahami sebelum menggunakan clay mask. Dengan begitu kamu bisa lebih tenang saat menggunakan clay mask untuk merawat kulit wajahmu. Semoga infonya bermanfaat, ya Ladies.

sumber: vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *