Meski Gaji Cuma Rp 3 Juta, dengan Cara Menabung Ini Kamu Bisa Menikah 3 Tahun Lagi!

Posted on

Menikah merupakan tujuan hidup bagi sebagian orang. Terlebih menikah di usia muda dengan orang yang terkasih lalu membangun keluarga kecil merupakan impian yang ditunggu-tunggu. Meski demikian, persiapan untuk menikah juga tak bisa sembarangan. Sebab ada banyak dana yang harus disiapkan supaya hari bahagia benar-benar terasa sempurna.

Photo Credits: hipwee.com
Photo Credits: hipwee.com

Sekarang ini keinginanmu untuk menikah gak lagi jadi mimpi. Ada 11 cara menabung yang bisa dicoba meski gajimu cuma 3 juta rupiah tiap bulan. Percaya deh, kamu bisa menikah tiga tahun lagi!

1. Punya tabungan khusus untuk menikah.

Photo Credits: futuready.com
Photo Credits: futuready.com

Punya tabungan khusus untuk menikah wajib dimiliki olehmu dan pasangan. Dengan begini tekad dan komitmen kalian bisa makin kuat. Cara ini juga terbilang jitu supaya kamu gak boros dan tabungan pernikahan bisa aman. Jika ingin tabunganmu lebih terjaga dan supaya gak terkuras untuk membeli ini itu, kamu bisa memasukannya ke dalam deposito dengan jangka waktu tertentu.

2. Sisihkan 15 persen dari gaji, dalam tiga tahun sudah cukup untuk sewa gedung dan katering.

Photo Credits: couplescounselingchicago.net
Photo Credits: couplescounselingchicago.net

 

Komitmen untuk menyisihkan 15 persen dari gaji penting untuk dilakukan. Dengan menentukan besaran pasti tiap bulan, kamu jadi punya gambaran rencanamu di masa depan. Menabung 15 persen dari uang gaji gak akan terasa berat kok. Bahkan, jika dikumpulkan dalam tiga tahun kamu bisa menggunakannya untuk sewa gedung dan bayar katering.

15 % x 3.000.000 = 450.000

Dalam sebulan, tabunganmu dan pasangan = 2 x 450.000 = 900.000

Dalam 3 tahun = 36 x 900.000 = 32.400.000

3. Pacaran di rumah aja atau di tempat yang gak perlu ngeluarin uang.

Photo Credits: klimg.com
Photo Credits: klimg.com

Supaya bisa menekan pengeluaran, mulai sekarang lakukan pacaran hemat dengan pasangan. Gak perlu deh, makan romatis di restoran mahal kalo kamu bisa masak dan makan bareng pasangan di rumah. Hindari juga kebiasaan nonton film di bioskop, kamu bisa sewa DVD dan nonton di rumah. Gak cuma hemat, tapi model pacaran ini juga gak kalah romantisnya!

4. Gak perlu jajan, kamu bisa bawa bekal makan siang ke tempat kerja.

Photo Credits: http://terselubung.in
Photo Credits: http://terselubung.in

 

Selain mengubah kebiasaan pacaran, kamu juga perlu membawa bekal ke tempat kerja. Kebiasaan ini dipercaya bisa menghemat pengeluaran. Bahkan, kamu juga bisa membuatkan pasangan bekal yang sama sehingga dia juga bisa ikut berhemat.

5. Supaya hemat bensin, berangkat bareng pacar ke tempat kerja.

Photo Credits: hipwee.com
Photo Credits: hipwee.com

 

Jika kamu dan pasangan memang memiliki tempat kerja yang searah, kalian bisa naik kendaraan yang sama. Hal ini dipercaya bisa menekan budget bensin. Bahkan, dana untuk bensin bisa dialihkan ke dalam tabungan.

6. Budget kencan 100.000 rupiah per minggu masukkan dalam toples khusus.

Photo Credits: hipwee.com
Photo Credits: hipwee.com

Apakah kamu dan pasangan memiliki anggaran untuk kencan selama sebulan? Nah, karena kamu sudah mencoba pacaran hemat seperti poin nomor tiga, maka kamu bisa menabung budget kencan ini. Masukkan saja ke dalam toples yang digembok. Uang yang terkumpul selama tiga tahun bakalan cukup kok mengcover biaya sewa baju pengantin dan keluarga, cetak undangan dan cinderamata.

Budget kencan 400.000 per bulan

Dalam 3 tahun = 36 x 400.000 = 14.400.000

7. Tiap kali perayaan anniversary atau ultah gak usah kasih kado ke pasangan, tapi diganti barang seserahan.

Photo Credits: webpraktis.com
Photo Credits: webpraktis.com

Biasanya anniversary dan juga ulang tahun merupakan perayaan yang juga akan dihiasi oleh kehadiran kado. Namun, karena kamu dan pasangan sedang hemat, kalian gak wajib kok memberi hadiah. Uang yang seharusnya untuk membeli hadiah bisa dikumpulkan untuk membeli seserahan. Jika dalam setahun kalian akan melewati 3 kali perayaan (anniversary dan dua kali ulang tahun) maka dalam 3 tahun kamu dan pasangan sudah mendapat 9 barang seserahan.

8. Gak perlu deh foto pre-wedding, bikin foto kalian sendiri aja.

Photo Credits: http://papasemar.com
Photo Credits: http://papasemar.com

Foto pre-wedding sebenarnya tak wajib ada di acara pernikahan. Jika kamu tetap ingin menggunakan foto pre-wedding tapi tetap bisa memangkas pengeluaran, kamu bisa mengumpulkan foto lawas dengan pasangan dari mulai awal jadian hingga nanti ketika akan menikah. Percaya deh, foto kalian justru makin terasa apik karena penuh kenangan.

9. Manfaatkan teman dekat untuk membantu dekorasi, budget bisa terpangkas dari sini.

Photo Credits: daikynguyenvn.com
Photo Credits: daikynguyenvn.com

Dekorasi pesta tentu wajib supaya pestamu makin meriah. Namun, kamu masih bisa memangkas dananya kok. Daripada menyewa wedding organizer (WO), kamu bisa mengajak para teman dekat untuk menjadi tim WO-WOan. Bahkan, kamu dan teman-teman bisa mengkoordinasikan bahan baku termurah yang bisa digunakan sebagai dekorasi.

10. Sisihkan 50.000 rupiah per bulan, dalam tiga tahun udah dapet 3,6 juta rupiah cukup untuk beli cincin berlian

Photo Credits: klimg.com
Photo Credits: klimg.com

Cincin merupakan lambang menyatunya dua hati di acara pernikahan nanti. Kamu gak perlu membeli cincin mahal, kamu dan pasangan bisa menabung cukup 50.000 rupiah per bulan saja. Dalam tiga tahun, uang yang terkumpul sudah sebesar 3,6 juta rupiah dan cukup untuk membeli cincin berlian.

11. Gak usah undang banyak orang, cukup teman terdekat dan keluarga aja.

Photo Credits: hipwee.com
Photo Credits: hipwee.com

Untuk bisa menghemat dana, undang saja keluarga dan teman terdekat. Gak cuma lebih hemat, tapi bisa dipastikan pestamu bakal makin terasa khidmat.

Jadi, sekarang sudah tahu kan tips menabungnya? Sudah siap menikah tiga tahun lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *