Menyehatkan, Inilah 10 Makanan yang Berfungsi Sebagai Detoks Tubuh

Posted on

Anda merupakan cerminan dari setiap makanan yang masuk dalam tubuh kita. Bila kita banyak memakan makanan yang tidak sehat, maka tubuh pun akan menjadi kurang sehat. Meskipun demikian masih saja banyak orang tidak perduli terhadap makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Untuk itulah diperlukan proses pembuangan zat dan racun dari dalam tubuh. Proses itu dikenal sebagai detoksifikasi. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat menjadi detoks bagi tubuh anda:

Bawang
Bawang kaya akan sulfur dan bio selenium. Selain itu bawang juga mengandung mineral untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Bawang dapat menurunkan kolestrol dan tekanan darah tinggi.

Alpukat
Lemak dalam alpukat dapat memicu hormon pembakar lemak dan peningkat energi. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung mannoheptulose, kandungan gula yang dapat melepas insulin dan antioksidan. Buah ini bisa dikatakan yang paling lezat untuk membawa racun keluar dari tubuh anda.

Bayam
Bayam paling baik jika dikonsumsi secara mentah. Satu daun hijaunya mengandung 166 miligram glutathione yang penuh dengan zat besi dan antioksidan.

Bit
Bit dapat mengurangi peradangan. Akarnya mengandung nutrisi yang dapat menyembuhkan peradangan dan pembengkakan dalam tubuh.

Air Lemon
Air lemon dapat membersihkan hati anda. Detoksifikasi organ vital dapat menurunkan berat badan, mengurangi penumpukan toksin dan meningkatkan energi.

Asparagus
Selain terbukti tinggi serat, asparagus juga mengandung folat, zat besi, vitamin A, C, E dan K. Asparagus mengandung banyak insulin dan prebiotik yang mendukung bakteri baik untuk usus sehat.

Dandelion
Di antara semua kopi favorit, mungkin anda harus mencoba yang satu ini. Dandelion dapat membantu detoksifikasi ginjal dan hati. Selain itu juga dapat menghilangkan racun, memulihkan dehidrasi dan keseimbangan elektrolit.

Artichoke
Artichoke berfungsi sebagai detoksifikasi yang kuat untuk hati. Selain itu sayuran ini juga tinggi serat, kaya nutrisi, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin B, C dan K.

Kacang Hijau
Kacang hijau telah digunakan oleh dokter ayurvedic selama ribuan tahun. Kacang ini sangat mudah dicerna dan menyerap residu beracun di sisi dinding usus.

Jeruk Bali
Jus jeruk dapat menjaga kadar gula darah agar stabil. Jeruk membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh sehingga dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan.
Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang sangat berguna membantu proses detoksifikasi. Kandungan itu pun baik untuk pencernaan dan kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *