Tips for Hijabers: Menyesuaikan Hijab dengan Bentuk Wajah

Posted on
Namun, perlu diperhatikan juga memilih jilbab yang tepat selayaknya memperhatikan bentuk wajah Anda sehingga terlihat  semakin cantik. Karena jika jilbab tidak disesuaikan dengan bentuk wajah, maka penampilan Anda menjadi tidak menarik bahkan wajah Anda pun menjadi aneh.

Berikut Tips Memilih Jilbab sesuai bentuk wajah:

1. Wajah bulat

Wajah bulat memiliki ciri-ciri jarak dahi ke dagu sama dengan jarak kedua pelipis serta tulang rahang yang tertutup pipi, bagian tulang pipi tertutup oleh pipi. Contoh artis dengan wajah bulat adalah Rossa

Bagi Anda Hijabers yang memiliki wajah bulat, sebaiknya menggunakan jilbab dengan menutupi sebagian luar pipi. Apabila memakai jilbab model bergo /pet topi, pilihlah yang menutup sampai pada sisi kanan kiri tulang pipi Anda, ini memberi kesan wajah anda terlihat lebih panjang.

Pakailah kerudung atau jilbab yang menutupi setengah bagian pipi untuk menutupi bagian pipi yang chubby. Bagian pipi tarik sampai separuh bagian pipi tertutup menambah kesan mungil pada wajah anda. Gunakan bahan loose/jatuh, sehingga memberikan efek wajah lebih ramping. Bahan rajut ringan, crepe, sifon serat jagung berfungsi memberi dimensi antara wajah dan kerudung, sehingga menyamarkan pipi “chubby”

Jika menggunakan ciput arab, sebaiknya jangan memakainya terlalu turun menutup semua dahi/kening Anda, ini juga akan terkesan memperpendek wajah Anda (wajah akan tampak semakin bulat). Sama halnya dengan ciput ninja, jika menggunakan ciput ninja yang memiliki jahitan dibawah telinga, bagian kening jangan ditutupi karena akan membuat wajah terlihat pendek.

 2. Wajah Panjang / Lonjong

Contoh artis yang berwajah lonjong adalah Cathy Sharon.
Nah, bagi yang memiliki bentuk wajah panjang / lonjong, akan terlihat cantik jika Anda  menggunakan Turkish hijab style / hijab Arab.  Karena biasanya jilbab model ini menggunakan undercaps (ciput dalaman) hingga dahi, sehingga mengurangi efek panjang wajah kamu. Sehingga akan memberikan kesan penuh dan lebih padat bagi wajah yang panjang. Anda boleh menggelung rambut Anda sebagai cepol belakang, agar bentuk kepala Anda lebih bagus dan seimbang dengan wajah.

Anda juga bisa membuat kesan “volume” bagian kepala, misalnya gaya turban, atau bisa juga gunakan inner bandana dengan aksen bertumpuk, untuk menyeimbangkan wajah dan lebih bervolume.

3. Wajah Kecil / Oval

Untuk bentuk wajah yang oval (seperti wajah Dian Sastrowardoyo ), semua bentuk dan gaya hijab akan kelihatan serasi dikenakan. Jika anda salah satu pemilik wajah berbentuk oval, maka tak perlu ragu lagi tampil berjilbab dengan style apapun.  Sesuaikan dengan busana, accesoris, dan acara saat anda mengenakannya . Bagi pemilik wajah oval kecil, Anda bisa memakai aksen turban dan gunakan aksen loose dengan pilihan bahan yang jatuh. Untuk wajah mungil, Anda cocok juga mengenakan hijab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga ke arah dagu. Ini membuat bagian wajah tetap stand out dan tidak tampak semakin kecil.

4. Wajah Kotak Persegi

Rahasia memakai jilbab untuk wanita dengan wajah persegi sebaiknya dagu, kedua sisi rahang dan bagian dahi tertutup dengan jilbab agar menghasilkan penampilan lebih bulat atau oval. Jangan memakai gaya jilbab yang berbentuk segitiga menjorok ke dalam atas dahi apalagi memperlihatkan dagu bagian bawah karena akan memperlihatkan wajah anda agak maskulin.

Untuk yang memiliki wajah persegi sebaiknya gunakan jilbab rounded shape/bulat yang akan membingkai wajah dan menyamarkan garis wajah Anda menjadi lebih lembut dan menghilangkan garis-garis tajamnya. Hindari menggunakan warna-warna keras dan menyolok. Gunakan warna soft, pastel atau gradasi lembut sehingga wajah terlihat lebih full.

5. Wajah Segitiga

Contoh artis dengan wajah berbentuk berlian adalah Bunga Citra Lestari. Wanita dengan bentuk wajah segitiga sangat cocok jika menggunakan jilbab yang longgar. Jilbab erat khusus difokuskan pada separuh atas kepala, hanya penekanan daerah dahi yang lebih lebar, jadi cobalah untuk tetap terbungkus dengan efek yang longgar dengan membuat lipatan lembut di daerah ini. Tutup sebagian sisi dahi untuk meminimalkan lebar dahi dan membuat wajah berbentuk berlian.

6. Wajah dengan Pipi Tembem / Chubby / Tulang Pipi Atas Menonjol

Pemilik pipi tembem akan terlihat semakin cantik memakai jilbab bila memakai inner hingga menutupi sampai bagian bawah telinga. Dengan memakai inner akan bisa menutupi sebagian sisi atas pipi. Setelah itu, pilih jilbab dengan bahan loose yang akan membuat Anda semakin cantik. Selain cara tersebut, pipi tembem Anda juga bisa disiasati dengan makeup dengan menekankan  shadding pada area pipi.

7. Wajah dengan Dahi lebar

Si pemilik dahi/kening lebar tentunya akan semakin terlihat cantik juga memakai jilbab bila memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat dengan aksen silang. Atau mengenakan ciput arab yang memang menutupi sebagian besar dahi. Cara ini akan membuat dahi Anda terlihat lebih kecil dan semakin cantik.

sumber: sharingdisini.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *