5 Teror Bahan Pangan Palsu yang Pernah Mencekam Indonesia, Hati-Hati Bila Ingin Selamat!

Posted on

Kebutuhan utama manusia di dunia ini adalah bahan pangan. Manusia membutuhkan bahan pangan agar dapat melangsungkan kehidupan. Bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari ini pun tak hanya wajib ada dalam jumlah yang banyak, tapi harus memiliki rasa yang nikmat dan bergizi, agar kita semangat saat mengonsumsinya. Salah satu bahan pangan utama di Indonesia adalah beras. Untuk mendampingi kebutuhan pangan utama tersebut, ada telor, sayur mayur, garam, dan sebagainya.

Nggak bisa dipungkiri, suatu saat bahan pangan yang tersedia melimpah bisa saja menjadi langka. Salah satu contohnya adalah kelangkaan garam yang baru saja kita alami. Sebab musabab kelangkaan garam tersebut adalah gagal panen, sehingga memaksa kita impor garam dari negara lain. Itulah yang membuat harga garam di Indonesia belakangan ini melonjak. Bencana ini dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melancarkan strategi bisnis busuknya. Mereka membuat garam yang dicampur dengan kaca untuk menekan harga. Namun, setelah ditelusuri, kabar tersebut adalah HOAX. Selain garam campur pecahan kaca, berikut ini teror bahan pangan palsu yang pernah mencekam Indonesia.

1. Garam Bercampur Kaca

Garam oplosan kaca 

Belakangan, Indonesia mengalami krisis garam karena gagal panen. Garam sangat susah ditemukan baik di pasar maupun toko kelontong. Kalaupun ada, itu sudah dalam bentuk kemasan yang mini dengan harga yang mahal sekali. Hal ini dimanfaatkan untuk menyebarkan teror yang bikin panik. Kabar mengenai adanya garam bercampur kaca sempat santer saat itu. Namun, setelah ditelusuri lebih jauh, garam bercampur kaca tersebut adalah HOAX.

Baca Juga: Mengerikan! Ternyata Begini Mesin Produksi Beras Plastik, Waspadalah

2. Beras Palsu Terbuat dari Plastik

Perbedaan beras asli dan palsu 

Beras adalah bahan pangan pokok Indonesia. Kita nggak bisa lepas dari bahan pangan yang satu ini, karena tanpa nasi belum makan rasanya. Pada tahun 2015 silam, sempat beredar isu beras palsu di Indonesia. Beras tersebut katanya terbuat dari bahan plastik. Negara pengekspor beras plastik ini adalah Tiongkok.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *