Inilah Panglima Perang di Nusantara yang Paling Ditakuti Patih Gajah Mada

Posted on

Selama ini Patih Gajah Mada  memang dikenal luas sebagai panglima perang terbaik yang pernah dimiliki kerajaan  di Nusantara khususnya Majapahit.

Tapi ternyata, selain Gajah Mada yang kondang dengan Sumpah Palapa -nya, masih ada tokoh panglima perang yang terkenal kehebatannya, hingga seorang Gajah Mada yang konon mampu menyatukan Nusantara bisa  dibuat ketakutan.

Adalah Kebo Iwa salah satu pentolan militer dari Kerajaan Bali Aga. Panglima perang yang sangat dicintai raja dan rakyatnya tidak mau tunduk dengan Majapahit.

Bahkan, saat Kerajaan Daha yang menjadi induk Bali Aga kalah, kerajaan di Pulau Dewata ini tetap bersikukuh untuk tidak mau tunduk.

Inilah sekelumit kisah tentang Kebo Iwa dan perjuangannya dalam membela kerajaan, hingga membuat Gajah Mada harus berpikir seribu kali untuk menyerang Bali Aga.

Dikisahkan, Bali Aga adalah sebuah kerajaan kuno di Bali yang pernah berdiri pada abad ke-8 dan berakhir pada abad ke-14 saat akhirnya diinvasi oleh Majapahit.

Kala Kebo Iwa menjabat menjadi panglima perang, kerajaan ini  diperintah oleh seorang raja bernama Sri Ratna Bumi Banten yang sangat dicintai oleh rakyat. Gaya memerintahnya yang sangat adil serta bijaksana membuat kerajaan ini terus tumbuh dan menjadi makmur.

Melihat kekuatan Bali Aga yang terus tumbuh ternyata membuat Majapahit jadi geram. Seperti yang telah dikatakan di atas, kerajaan Daha yang menjadi induk dari Bali Aga  saja sudah tunduk dengan Majapahit. Sedangkan Bali Aga malah terus menentang.

Baca Juga: 5 Pendekar Sakti Nusantara yang Mencapai Moksa

Sebenarnya Majapahit bisa saja langsung menginvasi Kerajaan Bali Aga secara langsung. Dengan kekuatan yang sangat besar, tidak ada halangan untuk membumi hanguskan Bali Aga.

Namun, keinginan itu tidak segera dilakukan oleh Gaja Mada yang  sebenarnya sudah diperintah oleh Tribuana Tunggal Dewi. Dia masih mencari strategi terbaik untuk mengalahkan Bali Aga.

Yang menjadi ganjalan terbesar seorang Gajah Mada adalah keberadaan Kebo Iwa. Panglima perang miliki Kerajaan Bali Aga itu terkenal susah sekali dikalahkan. Bahkan, dia dianggap sangat sakti sehingga siapa saja yang melawannya akan habis dan tidak bisa berkutik.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *