tstatic.net

Bukan Karena Angker! Inilah Penyebab Orang Mendadak Tenggelam Saat Berenang di Pantai

Posted on

Berenang di laut memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan juga menjadi favorit sebagian banyak orang yang suka berwisata di pantai. Namun kalian perlu hati-hati, banyak kasus kematian orang karena tenggelam pada saat berenang di laut. Hal ini juga yang terkadang tidak kalian perhatikan ketika berkunjung ke pantai selatan di Jawa. Misalnya di pantai-pantai di Yogyakarta.

Banyak orang mengira itu adalah sesuatu hal yang angker yang dikait-kaitkan dengan mitos. Sebenarnya ada penjelasan yang lebih ilmiah untuk kasus tersebut. Melansir dari Brightside bahwa ada arus yang terbentuk dari ombak yang tidak sempurna yang kembali dari pantai. Arus ini disebut arus rip, salah satu fenomena alam yang paling berbahaya yang dapat kamu jumpai di laut.

tstatic.net
tstatic.net

Arus ini dapat membunuh perenang biasa dan perenang yang profesional sekalipun. Arus rip ini sangat berbahaya jika terjadi di perairan dangkal yang landai, pantai dataran rendah yang dikelilingi oleh lidah pasir, tebing atau pulau. Dalam kasus tersebut, massa air tidak dapat kembali ke laut terbuka karena ada penghalang alami. Sehingga membentuk semacam sungai di tengah-tengah seperti itu.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *