Habiskan Jatah Gagalmu! Makin Sering Kamu Gagal, Makin Sukses Kamu di Masa Depan

Posted on

Pernahkah kamu merasakan kegagalan atau kesialan datang bertubi-tubi? Meskipun telah berusaha sekuat tenaga dan melakukan pengorbanan yang tidak sedikit, halangan dan rintangan selalu datang menghampiri.

Photo Credits: wp.com
Photo Credits: wp.com

Menurut kisah-kisah para mahasiswa senior yang telah lebih dahului mengalaminya, kegagalan itu tidak sepenuhnya buruk lho! Kenapa? Berikut alasannya!

1. Kegagalan kamu alami akan memberikan pelajaran. Mungkin pelajaran itu tak terasa sekarang, tapi nanti…

Photo Credits: zettamedia.co
Photo Credits: zettamedia.co

Mengalami kegagalan terus-menerus akan memberikan pelajaran tersendiri untuk otak kita. Otak menjadi terbiasa mengenali pola yang terjadi sehingga secara otomatis akan menyusun mekanisme agar percobaan berikutnya berhasil. Thomas Alfa Edison bisa menemukan lampu setelah melalui 9.998 percobaan. Yakin kamu menyerah begitu saja?

2. Percayalah, kesuksesan datang setelah habisnya jatah gagal. Kamu harus tetap berjalan sepayah apapun kondisimu!

Photo Credits: hipwee.com
Photo Credits: hipwee.com
kemungkinan sementara kesuksesan adalah satu kemungkinan di antara 100 tersebut, maka tidak mungkin kita tidak menemukannya. Dengan menghabiskan 99 kemungkinan gagal sewaktu kuliah, maka tersisa satu kemungkinan sukses yang menunggu. Maka habiskan saja jatah gagalmu mumpung masih kuliah.

3. Kuliah kan memang laboratorium untuk bereksperimen. Jadi kamu juga akan lebih siap saat sudah lulus nanti!

Photo Credits: http://www.lifeeo.com
Photo Credits: http://www.lifeeo.com
Tempat belajar. Selama belajar, segala bentuk kegagalan akan diterima. Manfaatkanlah perkuliahan sebagai sebuah laboratorium untuk terus bereksperimen. Dengan rajin bereksperimen sewaktu kuliah, kamu bakal menemukan formula yang pas untuk dipakai saat lulus.

4. Berlatih menjadi seorang “expert” sebelum kamu benar-benar terjun ke dunia nyata.

Photo Credits: http://aribowo.net
Photo Credits: http://aribowo.net

Seseorang menjadi ahli bukan karena keberhasilannya, namun disebabkan pengalaman gagalnya. Pengalaman gagalnya adalah pengalaman yang berharga sehingga ia tidak mungkin melakukan kesalahan yang sama. Seseorang menjadi “expert” dikarenakan sudah makan asam-garam dan kenyang akan kegagalan!

5. Tak perlu lagi meraba-raba untuk menemukan keberhasilan. Ibarat kata, kamu harus nyebur dan nekat mencoba banyak hal.

Photo Credits: bp.blogspot.com
Photo Credits: bp.blogspot.com

Hidup adalah perjalanan di dalam lorong gelap. Kesuksesan ialah jalan keluar dari lorong gelap tersebut. Untuk menemukan jalan keluar, kamu akan melewati halangan dan rintangan. Contohnya terantuk, tersandung, atau bahkan jatuh tersungkur. Namun dari pengalaman buruk tersebut, kamu semakin mendekati jalan keluar. Pada kesempatan berikutnya kamu melewati lorong gelap, kamu tak perlu meraba-raba untuk menemukan jalan keluar karena sudah tahu jalan.

6. Kegagalan yang harus kamu tempuh sebelum sukses malah bisa jadi cerita yang berharga

Photo Credits: bp.blogspot.com
Photo Credits: bp.blogspot.com

Tidak ada orang besar yang tidak punya cerita sukses. Orang menjadi besar dan terkenal karena memiliki cerita seru tentang perjuangannya. Cerita tersebut berisi semangat teguhnya untuk terus melanjutkan usaha meskipun rintangan selalu mengintai bersama kegagalan. Namun kesuksesan yang didapat setelah melalui kegagalan terasa manis. Seperti istilah “it’s sweet victory!”.

7. Semakin kamu punya banyak pengalaman yang pahit manis, semakin kamu akan lebih dicintai banyak orang

Group of business people. Business team. Isolated over white background
Group of business people. Business team. Isolated over white background

Bila dibandingkan orang sudah lama sukses dengan orang yang gagal baru sukses, seharusnya kamu lebih mencintai orang yang gagal dulu baru sukses. Kenapa? Soalnya dia bisa memberi nasehat jalur mana yang harus dihindari agar tidak bertemu kegagalan. Bayangkan kalau kamu hanya tahu cara untuk sukses saja. Pasti kamu tidak tahu jalan mana yang harus ditempuh agar tidak bertemu dengan kegagalan.

Jadi, santai saja kamu yang sering bertemu dengan kegagalan. Kegagalan kalian hanya untuk hari ini, kok. Soalnya begitu sudah selesai kuliah, hanya kesuksesan yang menanti. Tetap semangat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *