Pikiran Tak Lagi Fokus? Intip Cara-Cara Agar Konsentrasi Anda Kembali Penuh

Posted on

Melakukan pekerjaan yang banyak membutuhkan konsentrasi yang bagus. Bahkan jika ada gangguan sedikit, bisa merusak banyak hal. Akan menjadi hal yang fatal jika anda mesti memulai pekerjaan dari awal lagi.

Kemampuan otak bekerja tak hanya dipengaruhi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Peran teknologi pun turut campur. Lantas, apa yang harus anda lakukan? Berikut cara agar anda bisa kembali bekerja dengan tenang dan baik:

Jangan Mengerjakan Banyak Pekerjaan Dalam Satu Waktu
Kerap orang-orang memberi nasihat untuk fokus dengan target yang telah ditentukan. Jangan ditekan sendiri. Sebab ketika anda mencoba untuk melakukan semuanya dalam satu waktu, akhirnya di malam hari tidak ada satu pun yang diselesaikan.

Konsumsi Sayur, Buah dan Makanan Berkarbohidrat
Fokus yang kurang bisa ditengarai karena asupan yang tidak memenuhi kebutuhan. Konsumsilah buah-buahan, sayuran dan karbohidrat murni.

Kerjakan Tugas yang Paling Penting
Ada baiknya anda mengerjakan tugas yang paling berat dan tersulit. Sebab kali pertama anda mengerjakan, otak memiliki fokus yang penuh. Sedang untuk pekerjaan yang selanjutnya, otak mulai lemah berpikir dan konsentrasi menjadi kendur.

Tinggalkan Semua Gangguan
Pastikan dulu bahwa ponsel anda dalam keadaan diam dan layarnya mati. Hal itu akan memberikan perhatian pada pekerjaan anda.

Tingkatkan Level Konsentrasi Secara Bertahap
Coba pasang stopwatch ketika anda merasa dapat bekerja dengan maksimal. Kemudian, ketika anda merasa jenuh, carilah hiburan lain. Lalu kembali bekerja dengan tenggat waktu yang dilebihkan. Lihat berapa lama anda bisa berkonsentrasi penuh.
konsentrasi penuh

Sama seperti anggota tubuh lainnya, otak pun memerlukan perhatian. Sebab otak yang sehat akan membantu kegiatan anda berjalan lancar. Berikut cara lainnya agar konsentrasi agar anda bisa kembali bekerja dengan tenang:
Dengarkan Musik
Musik bisa membantu seseorang agar tetep fokus. Anda disarankan memutar musik instrumen film maupun permainan ketika sedang semangat.

Olahraga Teratur
Pikiran yang segar biasanya selaras dengan badan yang segar pula. Olahraga yang teratur bisa membantu anda untuk mendapatkan hal itu. Karena semakin banyak pemompaan darah akan berkaitan dengan aliran oksigen ke seluruh tumbuh termasuk otak.

Pilah Kebiasaan
Siapapun mempunyai hasrat cenderung melakukan hal-hal yang berulang termasuk dengan aktivitas yang tidak penting. Cobalah memilah aktivitas sebelum menjadi kebiasaan sehingga otak hanya melakukan hal yang dibutuhkan saja.

Buatlah Jadwal Setiap Hari
Sebelum terlelap, usahakan anda tahu apa yang akan dikerjakan untuk keesokkan harinya. Karena jika anda tidak memiliki agenda, otak dan tenaga anda akan sia-sia. Anda juga bisa menulis batas waktu pekerjaan sehingga anda bisa bekerja maksimal.

Minumlah Air Putih
Sebuah penelitian dari University of Connecticut ditemukan fakta bahwa dehidrasi itu bisa mengubah suasana hati, daya ingat dan tingkat energi seseorang. Dengan perbanyak minum air putih, seseorang bisa terhindar dari hal-hal yang memicu kecemasan dan ketegangan.
Konsentrasi yang penuh akan membuat pekerjaan anda selesai pada waktu yang diinginkan. Untuk itu anda seharusnya mengoptimalkan kerja otak dengan mencoba tips-tips di atas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *