Dalam Sehari, Polisi Tilang 230 Pengendara Saat Operasi Zebra Candi di Brebes

Posted on

Berdasarkan data dari hasil Operasi Zebra Candi Satlantas Polres Brebes, tingkat pelanggaran lalu lintas dinilai cukup tinggi perharinya.

Bisa dilihat dari hari pertama, petugas menemukan sekitar 230 pelanggaran.

Photo Credits: tstatic.net
Photo Credits: tstatic.net

“Pada hari pertama Operasi Zebra Candi, terdata sebanyak 230 pelanggaran yang disertai penindakan sanksi tilang. Jumlah ini sangat tinggi, biasanya hanya antara 100-130 per hari,” kata Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Sipayung, Kamis (17/11/2016).

Adapun pelanggaran yang paling banyak ditemukan, kata dia, tidak membawa helm, tidak membawa surat izin mengemudi (SIM), serta tidak bisa menunjukkan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Sementara, untuk pelanggaran jenis roda empat atau lebih, karena tidak mengenakan sabuk pengaman serta pelanggaran marka jalan.

Sementara itu, beberapa Target Operasi (TO) yang akan menjadi prioritaskan selama pelaksanaan 14 hari, yaitu TO Orang, Benda dan Lokasi.

Arfan menjelaskan, target orang antar lain adalah para pelanggar/pengendara yang tidak memakai helm, pelanggaran rambu dan marka. Pelanggaran APILL (Traffic Light) dan pelanggaran para pengguna jalan yang melawan arus.

Pada operasi kali ini, petugas menargetkan sejumlah unsur, yakni dari benda atau kendaraan yang digunakan bukan peruntukannya yang berpotensi kecelakaan.

“Misalnya, kendaran pikap dan sepeda motor roda tiga yang dipergunakan untuk mengangkut orang,” jelasnya.

Photo Credits: tstatic.net
Photo Credits: tstatic.net

Target selanjutnya yakni lokasi atau titik yang sering ditemukan pelanggaran. Semisal pengguna jalan melawan arus di jalan satu jalur (one way).

Ia mengatakan, penindakan akan diprioritaskan dalam pelaksanaan Operasi Zebra ini, yakni 80 persen penegakan hukum, 10 persen kegiatan preventif berupa imbauan dan pemasangan sepanduk.

Sedangkan 10 persen kegiatan preventif berupa patroli dan penempatan personil didaerah rawan kecelakaan untuk melakukan pengaturan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *