Pulau Terkecil di Dunia yang Diakui PBB Ternyata Ada di Indonesia Lho, Kira-Kira di Daerah Mana Ya?

Posted on

Siapa sangka selain punya pulau terpadat di dunia, Indonesia juga memiliki pulau yang paling kecil

Sebagai negara kepulauan, tentu saja Indonesia memiliki jumlah pulau yang tak bisa dihitung dengan menggunakan jari. Untuk pulau besar, cukuplah kita kenal nama Sumatera, Jawa, kalimantan, Sulawesi, maupun Papua. Namun kalau bicara pulau-pulau kecil seperti Madura, Bali, Natuna, dan lainnya mungkin masih banyak yang belum begitu tahu ya. Apalagi jika pulaunya memiliki ukuran lebih kecil lagi.Eh, sebenarnya ada nggak sih pulau yang lebih kecil dibanding Bali, Lombok, atau semacamnya? Tentu saja Tanah Air kita punya yang seperti itu, dan jumlahnya pun bukan cuma satu atau dua, melainkan ratusan bahkan mungkin ribuan. Apalagi yang letaknya jauh dan tak berpenghuni, wah kalau nggak dijaga bisa-bisa lepas loh. Dan ternyata Indonesia ini selain memiliki pulau terpadat di dunia juga punya pulau terkecil se dunia lho. Wah, di mana nih kira-kira kita bisa menemukan yang paling kecil mungil?

Pulau terkecil ini terletak di Kalimantan

Siapa sangka ternyata pulau terkecil di dunia ini berdampingan dengan pulau terbesar di Indonesia, yaitu Kalimantan. Pulau terkecil itu bernama Pulau Simping yeng terletak di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau Simping sendiri diketahui memiliki luas kurang dari setengah hektar dan menawarkan keindahan tersendiri bagi para pengunjungnya. Pulau Simping ini juga konon sudah diakui oleh PBB sebagai yang terkecil di dunia.

Cerita awal penemuan pulau ini pun ternyata tidak diduga. Semua bermula dari saat mantan Lurah Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan bersama dengan lurah dan kepala desa lain diminta menginventaris pulau-pulau di wilayah mereka. Sang lurah Sedau itu kemudian memasukkan nama Pulau Simping dalam datanya karena ternyata dulu ada orang yang mendiami daerah tersebut. Namun lama kelamaan para penghuni pulau memilih pindah karena terjadinya abrasi. Abrasi itulah juga yang menyebabkan pulau ini lama-lama mengecil.

Tak pernah sepi didatangi pengunjung

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *