Resep Rahasia Ayam Goreng ‘Kolonel Sanders’ Bocor, Apa Saja

Posted on

Sudah menjadi rahasia umum lagi bahwa ayam goreng renyah KFC diselimuti oleh rahasia olahan 11 bumbu dan rempah. Itu bukan sekedar mitos terlebih iklan. Hal itu diungkap oleh keponakan Kolonel Sanders, perintis dan pendiri KFC.

Pun bukan sekedar lelucon, bahwa benar resep rahasia ayam KFC Original disimpan dalam sebuah brankas terkunci. Perusahaan itu bahkan menggunakan dua pemasok terpisah, satu untuk menyuplai bumbu dan lainnya rempah. Sehingga kedua perusahaan itu tak bisa berbagi rahasia.

Namun, seorang pria baru saja membagi resep ’11 rempah dan bumbu’ yang ia klaim diciptakan oleh sang kolonel sendiri.

Menurut laporan Chicago Tribune yang Liputan6.com kutip dari Fortune, Kamis (25/8/2016) Joe Ledington adalah keponakan dari Harland Sanders, yang terkenal dengan rambut, jenggot, dan jas putih yang tampil di keranjang ayam original isi 15 potong. Ledington membagi sebuah kliping keluarga yang sudah disusun oleh bibinya, Claudia Ledington, istri kedua Sanders.

Saat menunjukkan sebuah artikel kepada Chicago Tribune, terdapat foto-foto dan di tengah sebuah artikel berita ada kertas dengan tulisan tangan berisi resep yang dituliskan di warisan bibinya itu.

Tak Sekedar Mitos, Resep Ayam Kolonel Sanders Bocor ke Publik (Chicago Tribune)
Di atas kertas itu, tertera kalimat ’11 jenis bumbu– campurkan dengan 2 cangkir tepung’. Ketika ditanya apakah itu adalah resep 11 rempah dan bumbu yang melegenda, pria 67 tahun itu menjawab, “iya, sejujurnya, ini resepnya.”

“Ini adalah resep 11 bumbu dan rempah yang seharusnya rahasia,” ujarnya penuh percaya diri.

Ledington mengatakan, kendati itu bukan tulisan asli Kolonel Sanders, namun ia mengenali resep itu karena ia kerap membantu mengolahnya ketika masih remaja.

Namun ketika dikonfirmasi oleh senior editor Chicago Tribune, beberapa hari kemudian, suara Ledington terdengar kurang yakin. “Mungkin saja, aku tak begitu tahu.”

Menurut resep itu, rempah utama ayam original KFC adalah 4 sendok makan bubuk paprika, 3 sendok makan merica, dan 2 sendok makan garam.

“Rempah utama justru merica putih. Tahun 1950a-an tak banyak orang mengenal itu, dan sedikit yang tahu cara penggunaannya,” tuturnya.

Juru bicara KFC sejauh ini menolak mengatakan apakah benar itu resep rahasia mereka. “Banyak orang yang mengklaim selama bertahun-tahun kalau mereka menemukan resep rahasia, dan tak seorang pun akurat. Yang terbaru ini pun juga tidak.”

Memang, bukan kali pertama resep KFC bocor. Di internet berbagai resep ayam KFC tertera. Hanya sedikit yang menggunakan merica putih seperti diklaim oleh Ledington.

Namun, klaim yang paling kontroversial terjadi pada 15 tahun lalu, ketika pasangan di kota Shelbyville, Kentucky mengatakan mereka menemukan resep rahasia di ruang bawah tanah rumah Harland dan Clauda Sanders yang mereka beli tahun 1970-an.

Kala itu Tommy dan Cherry Settle mengatakan, mereka menemukan secarik kertas berisi tulisan resep di buku tahunan 1964.

Perusahaan KFC merespons dengan tuntutan hukum kepada pasangan Settle. Namun urung dilakukan setelah menelisik lebih lanjut tentang keaslian resep itu.

Sementara itu, para wartawan Chicago Tribune iseng membuat ayam olahan ala KFC berdasarkan resep Ledington. Rasanya ternyata nyaris mirip dengan aslinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *