Ribuan TKI jadi korban penjualan orang, Nusron Wahid sibuk urus Ahok

Posted on

nusron-wahid-sibuk-urus-ahok

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dinilai tidak serius menyelesaikan permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Presiden Joko Widodo
bahkan diminta mengevaluasi cara kerja Kepala BNP2TKI Nusron Wahid yang saat ini disibukan menjadi Ketua Timses Basuki T Purnama (Ahok) di Pilgub DKI 2017.

Sejak tidak diperbolehkan lagi pengiriman TKI ke 21 negara Timur Tengah, justru praktik jasa TKI ilegal makin banyak. Sekjen Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Bobby Alwi.
berpendapat, maraknya praktik ilegal itu kaerna pengawasan yang dilakukan BNP2TKI sangat tidak serius.

Berdasarkan data BNP2TKI, lanjut Bobby, saat ini terdapat 1,3 juta TKI yang bekerja di luar negeri secara non-prosedural atau ilegal. Sebanyak 19 ribu orang dideportasi
setiap tahun.

“Angka itu hanya perkiraan dari BNP2TKI, karena tidak ada angka akurat tentang jumlah TKI ilegal,” kata Bobby dalam keterangan tertulis kepada merdeka.com, Minggu (11/9).

Menurutnya, dari 2 juta TKI di Malaysia, sekitar 95 persen atau sekitar 1,9 juta orang itu ilegal.

Bobby mengungkapkan, maraknya pengiriman TKI ilegal menimbulkan terjadinya tindak pidana penjualan orang alias human trafficking. Dia menyebut, berdasarkan data dari International Organization for Migration (IOM), Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang menjadi korban kejahatan itu.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *