Menyibak 10 Ritual Cantik Wanita Korea

Posted on

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana generasi wanita Korea seakan kebal dari hukum fisika dan memiliki kulit yang selalu tampak awet muda? Tentu, hal itu sedikit banyak juga berkat faktor genetik, namun ada ritual perawatan kulit khusus yang membuat kulit wanita Korea bersinar dan nyaris tanpa cela.

Coba perhatikan para artis Korea yang rata-rata terlihat setidaknya satu dekade lebih muda dari usia mereka. Kulit yang sehat dan terawat menjadi salah satu faktor utama tampilan wajah yang awet muda. Seiring dengan kepopuleran industri hiburan Korea atau Kpop yang meroket, baik kuliner, budaya dan produk kecantikan Korea pun turut menjadi fenomena.
Berikut ini adalah 10 langkahnya secara berurutan.

1. Membersihkan riasan

Ritual perawatan kulit wajah wanita Korea di malam hari dimulai dengan membersihkan riasan menggunakan cairan pembersih make-up. Hampir setiap merek kosmetik memiliki produk pembersih riasan. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan sedikit cairan ke selembar kapas dan usapkan pada seluruh permukaan wajah untuk menghapus riasan.

 2. Mencuci muka

 Langkah kedua adalah dengan membasuh muka menggunakan air bersih dan mencucinya dengan sabun pembersih muka. Orang Korea umumnya menggunakan dua jenis sabun pembersih muka, yaitu pembersih berbasis minyak yang mampu mengangkat seluruh kotoran, keringat dan sisa riasan dan pembersih berbusa yang akan mengangkat seluruh kotoran di pori-pori kulit.
Jika Anda sering melihat drama atau acara kecantikan Korea, Anda akan mengetahui bahwa para wanita Negeri Ginseng terbiasa mencuci wajah mereka dalam waktu yang lebih lama daripada biasanya. Mereka juga akan mencuci muka dengan gerakan sirkular atau memutar sambil memijat kulit dengan lembut.

3. Exfoliator

 Setelah kulit wajah bersih dan kering, langkah ketiga adalah mengaplikasikan exfoliator. Produk ini bisa berbentuk sabun pembersih wajah atau masker, dan biasanya memiliki butiran-butiran halus yang mampu membantu mengangkat atau mengikis lapisan sel kulit mati. Exfoliator juga penting untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.
Meski begitu, langkah ini tak melulu harus dilakukan setiap hari. Anda bisa melewatinya ketika kulit sedang dalam kondisi sensitif atau ketika Anda kurang berkeringat akibat cuaca yang dingin. Jika dua hal tadi terjadi, Anda bisa menggunakan exfoliator hanya dua atau tiga kali dalam seminggu.

4. Toner atau refreshner

 Menurut dr. Connie, toner atau refreshner dapat digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, kotoran, dan minyak yang tidak berhasil dibersihkan oleh pembersih wajah atau cleansing milk. Toner juga dapat memberikan sensasi segar pada wajah serta mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah. Dengan pH yang seimbang, kulit Anda akan semakin siap menyerap pelembap dan nutrisi lain yang diberikan produk-produk perawatan kulit yang akan diaplikasikan di beberapa langkah selanjutnya.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *