Foto rumah kayu cantik

Keindahan Rumah Kayu Memberikan Nuansa Kesederhanaan

Posted on

Rumah Kayu Minimalis – Keindahan Rumah kayu Memberikan Nuansa Kesederhanaan-Pada era zaman modern sekarang ini rumah kayu yang biasanya memiliki sebutan rumah panggung  keberadaannya sudah sangat sulit kita temukan lagi, apalagi di daerah yang bukan lagi perdesaan sangat jarang kita melihat ada sebuah rumah yang terbuat dari bahan kayu karna pada umumnya rumah kayu banyak di dirikan di sebuah perdesaan

Mengapa demikian?  Jelas semua itu di sebabkan oleh majunya perkembangan zaman  yang menjadikan rumah kayu bukan menjadi pilihan seseorang yang paling dominan untuk mendirikan sebuah rumah idaman mereka lebih memilih rumah yang terbuat dari bahan batu bata karna bagi mereka rumah yang terbuat dari batu bata lebih murah dan berkesan mewah.

Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa sebenarnya rumah kayu memiliki keindahahan tersendiri apalagi jika  rumah kayu tersebut di bangun dan di desain dengan penataan yang tepat, maka rumah kayu tersebut akan menjadi sesuatu bangunan rumah kayu yang memiliki keindahan dan memberikan  kesederhanaan tersendiri, apalagi kalau di bangun dengan konsep rumah kayu minimalis maka itu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda pecinta rumah kayu bernuansa alami dan natural.

Sobat jangan lupa baca juga; Konsep Rumah Kayu Minimalis Jadikan Inspirasi Keluarga

Rumah kayu indah

Jika rumah kayu tersebut berada di daerah yang sejuk dan banyak perpohonan maka sangat jelas sekali akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap orang yang tinggal di rumah kayu  tersebut terutama untuk kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya, untuk itu sangat tepat sekali jika kita memilih kayu sebagai bahan untuk pembuatan rumah karna rumah kayu memunyai banyak kelebihan baik dari segi desain dan lain-lain di antaranya:

1.Memberikan kesan sederhana

Salah satu kelebihan rumah berbahan kayu adalah memberikan kesan kesederhanaan di sebabkan karna rumah kayu itu jika di pandang oleh kasat mata tidak memperlihatkan kesan mewah juga karena sifat tekstur kayumempunyai ciri khas garis-garis alam yang berasal dari pepohonan sehingga dapat menampakkan kesan kesederhanaan bagi penghuninya.

2.Dapat di bangun dengan waktu yang cepat

Rumah kayu dapat di bangun dengan memakan waktu pengerjaan yang idak terlalu lama, hal ini di sebabkan karna banyak pengusaha kontraktor  yang  menewarkan sistem bongkar pasang atau sering di sebut sebagai sistem knock down sehingga pembuatan lebih praktis karena bisa di lakukan di pabriknya langsung lalu di rangkai pada tempat di mana akan di bangun sebuah rumah kayu dengan waktu tidak terlalu lama bahkan bisa dalam jumlah waktu beberapa hari saja.

3.Tidak boros biaya

Jika anda berada di kawasan daerah yang mempunyai banyak sumber daya alam terutama yang berupa hutan dan pepohonan kayu yang melimpah seperti di daerah Sumatera, maka membangun rumah kayulah yang lebih praktis dan lebih hemat. hal ini di sebabkan karena bahan baku dapa mudah di cari dan di ambil dengan mudah di sekeliling lokasi yang akan di bangun rumah kayu atau dapat mengambil di hutan.

4.Memberikan kesan yang klasik

Sebuah bangunan rumah kayu akan menjadi  sesuatu bangunan yang sangat menarik dan mempunyai nilai artistik yang sulit kita temukan di model bangunan rumah yang lain karena rumah kayu memberikan nilai klasik yang tidak di miliki oleh jenis rumah yang lain, akan tetapi jika anda menjadi penggemar rumah kayu klasik dan ingin membangun hendaknya memberikan konsep dan desain yang tidak ketinggalan zamanakan tetapi tidak menghilangkan kesan klasiknya.

5.Tahan lama

Sudah di buktikan oleh orang-orang terdahulu bahwa ketahanan rumah kayu itu bisa bertahan lama, bandingkan saja dengan  bangunan rumah selain yang berbahan kayu seperti terbuat dari beton pasti rumah kayuah yang lebih awet dan tahan lama karena rumah kayu tidak rawan terhadap bencana dan bisa turun dari generasi ke generasi atas ketahanannya selain tu rumah kayu juga memberikan kemudahan jika mengalami kerusakan, lain dengan rumah tembok yang rawan terhadap bencana dan bila rumah tembok mengalami kerutuhan  maka tidak bisa tidak bisa di gunakan kembali.

Akan tetapi dari beberapa kelebihan di atas kayu termasuk keindahan rumah memberikan nuansa kesederhanaan rumah berbahan kayu juga mempunyai kekurangan, di antaranya adalah:

1.Pepohonan mengalami kelangkaan

Sekarang ini sangat langka sekali menemukan pohon yang cocok dan bagus untuk membangun sebuah rumah kayu. Hal ini di sebabkan karena banyak terjadinya penebangan dan pembakaran pohon  terlalu banyak sehingga mengakibatkan hutan gundul dengan  tidak di  imbangi dengan reboisasi atu penanaman kembali. Minimnya pepohonan sekarang ini merupakan sesuatu ancaman yaitu terjadinya peanasan global yang dapat memberika dampak buruk bagi kelangsungan pembangunan di bumi ini, maka dari itu  mari kita jaga kelestarian hutan agar pepohonan di hutan tidak mengalami kemusnahan.

2.Bahan baku yang bagus membutuhkan banyak biaya

Jika anda bertempat tinggal di sebuah daerah perkotaan yang sudah pasti mempunyai sedikit sumber daya alam dari pohon dan kayu, membangun rumah kayu menjadikan kita banyak mengeluarkan biaya. Hal ini di sebabkan karena sulitnya dalam memperoleh kayu yang baik,dan mempunyai kualitas yang bagus, sehingga dalam mendapatkan kayu yang bagus harus mencari di derah atau wilayah yang lain dengan mengeluarkan biaya yang sangat banyak.

3.Tidak dapat di bangun dengan sembarangan

Setiap rumah kayu belum tentu mempunyai keindahan tersendiri, karna sekarang ini banyak seseorang yang membangun rumah kayu tanpa di dasari dengan konsep dan desain yang bagus mereka asal memilih tukang membangun rumah kayu tanpa melihat kualitas tukang rumah kayu tersebut, sehingga ketika rumah kayu tersebut sudah bardiri kokoh  maka tidak mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri, hendaknya jika kita ingin membangun sebuah rumah kayu maka selektif dalam mencari arsitek itu sangat penting.

Dari beberapa kekurangan rumah kayu di atas bukan berarti menghilangkan akan keindahan sebuah rumah kayu akan tetapi jika kita ingin membangun sebuah rumah kayu hendaknya kita lebih selektif dalam mentukan konsepnya baik dari segi desain, tempat, dan juga arsiteknya agar keindahan Rumah Kayu Memberikan Nuansa  kesederhanaan dan kuinikan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *