Perdebatan Samyang Halal Atau Tidak, Mana Yang Benar?

Posted on

Bukan hal baru lagi jika Hallyu wave telah menginvasi pasar Indonesia sejak pertengahan tahun 2000-an. Tapi kini aksi Hallyu (Korean) wave tidak berhenti pada bidang musik atau drama saja. Sebab berkat drama Korea, makanan-makanan impor dari Korea pun juga mulai memasuki pasar Indonesia. Dan yang paling populer baru – baru ini adalah ramen super pedas yang dikenal dengan Samyang.

samyang-haram-atau-halal

Samyang sebetulnya bukanlah nama ramen pedas yang sering dimakan, Samyang adalah nama perusahaan produsen mie ramen pedas tersebut. Mie ramen pedas ini sebenarnya bernama Buldak Bokkeum Myun atau Mie Ayam Pedas jika diubah ke bahasa Indonesia. Kepopuleran Samyang bermula ketika para Youtubers dan Vlogger melakukan Samyang Challenge.

Karena Samyang adalah makanan impor dari Korea, sebagian besar Muslim Indonesia bahkan seluruh dunia meragukan halal atau tidaknya Samyang. Memang secara kandungan, Samyang memiliki jejak lemak babi meskipun Mie ini sebetulnya berasa ayam. Huruf hangul yang digunakan pada Samyang juga cukup menyusahkan bagi orang awam untuk menikmati mie super pedas yang lagi hits ini.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *