Saran Bijak dari Netizen untuk Mario Teguh Ini jadi Viral!

Posted on

Ratusan ‘komentator’ masalah keluarga Mario Teguh dan Ario Kiswinar Teguh bermunculan. Rata-rata mencemooh satu pihak saja, tapi ada komentar bijak ini, Senin (12/9/2016).
Setelah terkuaknya permasalahan seorang pemuda yang butuh pengakuan dari ayahnya, motivator terkenal, hampir setiap orang berperan sebagai penasihat keluarga.
Setiap orang berupaya memberikan saran terbaik sesuai dengan analisa pribadi.
Namun tak sedikit yang belum mengetahui fakta-fakta lengkap langsung menuduh Ario mencari sensasi, ingin populer butuh duit dan sebagainya.
Sebaliknya hal yang sama terjadi pada Mario Teguh, tak sedikit pula yang menghujatnya bahkan banyak yang menyebut Mario Teguh dengan nama Mario Tega.
Sebagian besar berita mengenai Mario Teguh dan Ario di Tribunnews.com selalu panen dengan komentar.
Ratusan komentar yang masuk di dalamnya berisi perdebatan sengit antar netizen.

Kubu yang pro dengan Ario dan pihak yang setia dengan Mario Teguh.
Masing-masing saling menghujat hingga ada yang mengingatkan kalau yang dilakukan merupakan hal sia-sia, tak ada faedah untuk diri.
Namun sebuah saran yang muncul di berita Tribunnews dengan judul: Cara Rara Membela Ario Kiswinar Teguh Kekasihnya, muncul saran yang bijak.
Saran seorang netizen ini menarik perhatian netter lain hingga banyak yang menghadiahi jempol untuk komentarnya.
Komentar netizen ini mencoba menempatkan segala sesuatu pada tempatnya.
Dengan kalimat yang sopan ada sedikit sindiran untuk Mario Teguh dan Ibu Kiswinar Aryani Soenarto.
Apa yang disampaikan netizen ini seolah mewakili ‘suara hati’ para anak-anak yang tak sedikit jumlahnya terlantar atau ditelantarkan orangtuanya akibat persoalan orangtua.

Anak yang tak tahu apa-apa tiba-tiba harus mengahadapi kenyataan kedua orangtua berpisah dan nasib masa depan, pendidikan, kesehatan, hingga kualitas hidupnya baik secara psikis dan jasmani terancam.
Berikut saran netizen yang tak kalah kualitasnya dengan motivator terkenal.
“Usia 30th untuk seorang pria menurut saya adalah usia yang sdh stabil..kebutuhannya tidak lagi untuk mencari sensasi…”
“Anak teteplah anak..ia terlahir tidak pernah meminta…dan ia terlahir tidak bisa memilih siapa yang kelak menjadi orang tuanya…”
“Andai saya orang tua yang penasan dan meragukan sah atau tidaknya putra saya…sudah seharusnya sebagai orang tua saya yang melakukan pembuktiannya…”
“Bukan dilempar ke anak…kalau anak tahunyakan apa yang tertulis di dokumen negara..”
“Permasalahan orang tua selesaikan sama orang tua bukan sama anaknya…”

“Terkadang sering kali kita menjadi sangat pintar menjadi guru buat orang banyak…tapi terasa sulit untuk menjadi guru buat diri sendiri..” Tulis akun dengan nama Hamida Arnold.
Sementara itu ada juga saran untuk Ario Kiswinar Teguh dari seorang netizen.
Nasihat ini sekaligus motivasi untuk Ario agar membuktikan lebih hebat dari ayahnya.
“Kalau pak Mario tidak mau mengakui Ario anaknya, Ario tunjukkan bahwa suatu saat nanti Ario akan jauh lebih hebat dari pak Mario.”
“Kadang anak yang tidak diakui itu akan derajat orangtuanya suatu saat nanti jadi Ario sabar aja Allah Pasti kasih jalan untuk Ario. Amin,” tulis akun Kamaria Kamsal.
Kisah ini berawal dari pengakuan Ario Kiswinar Teguh yang mengatakan kalau dirinya tak diakui anak oleh Mario Teguh.
Dalam pengakuan di acara Hitam Putih Trans7 ia mendasarkan pada status media sosial resmi milik Mario Teguh.

Hal ini berlanjut hingga Mario Teguh sampaikan klarifikasi, ia justru menuding balik Ario yang tak mengakui dirinya sebagai ayah lalu muncullah pengakuan-pengakuan lainnya.
Biang perceraian
Transkrip wawancara Mario Teguh menyatakan kalau ia mendengar ibu Ario Kiswinar menikah lagi namun hal ini dibantah adik kandung Mario Teguh.
Berikut transkrip wawancara saat Sapa Indonesia Pagi Kompas TV mewawancarai Mario Teguh.
“Ibu aryani menikah lagi yang saya dengar, hidupnya makmur.”
“Saya dan ibu linna tinggal di garasi tiap hari makan sarden sampai badan saya licin dan berenang cepat sekali.”
“Itu ungkapan kemiskinan saya, saya hanya punya uang waktu itu sewa garasi dua setengah meter kali 10 saya gergaji pintu sendiri.”

Saat ditanya apa yang menyebabkan hingga Mario Teguh memutuskan untuk bercerai, Mario menjawab ini.
“Berapa banyak laki2 bisa bertahan dalam pemberitahuan langsung dari istrinya bahwa itu bukan anaknya?”
“Banyak hal lagi kan nanti bisa membuat serangan karakter pada ibunya Kiswinar.”
“Saya berhak memutuskan, perceraian memang dibenci oleh Tuhan tapi saya berhak bahagia.”
“Saya mensyukuri pernikahan ini dengan ibu Linna karena pengalaman soal ketidakpastian soal keturunan kami sebelum menikah, kami berjanji untuk tak pernah terpisahkan.”
“Menikah selama 22 tahun seharipun tak terpisahkan anak saya cakep-cakep pinter-pinter
betul buah jatuh tak jauh dari pohonnya.”
“Tidak ada keraguan bahwa Audrey dan Marco adalah anak saya, dengan sangat damai dan bersyukur saya bisa katakan itu.”

“Tetapi dengan Kiswinar tidak karena bertahun-tahun saya mendengar dari ibunya akhirnya mendengar konfirmasi dari dia bahwa dia tahu bahwa beliau bukan anak saya dan menyebut nama seseorang yang sangat saya hormati.”
Demikian cuplikan wawancara klarifikasi Mario Teguh soal Ario Kiswinar Teguh.
Sementara itu wawancara reporter Tribun Kalitim (Tribunnews Network) Christoper D, adik kandung Mario Teguh, Permata Kumara Teguhalias Kumkum (46), menegaskan, perceraian antara kakaknya dengan Aryani bukan karena Aryani yang berselingkuh, melainkan kakaknya sendiri yang berselingkuh.
Sedangkan sosok Mr X adalah paman dari Aryani sendiri.
Menurut Kumkum perpisahan Mario Teguh dengan Aryani karena hadirnya orang ketiga yang bernama Linna, yang kini menjadi istrinya. Sejak memperistri Linna, sikap Mario pun berubah.
Sedangkan Aryani memilih tidak menikah lagi. Mengapa?
“Karena Mbak Aryani tidak bisa melupakan Mario, dan hingga saat ini memilih tidak menikah lagi. Dia membesarkan Ario Kiswinar seorang diri,” ungkapnya kepada TribunKaltim.co saat ditemui di kediamannya Jalan Mugirejo, Sungai Pinang, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (10/9/2016) malam.

Setelah bercerai, Aryani diketahui sempat bekerja sebagai konsultan dan berhasil membesarkan Ario Kiswinar hingga mandiri.
“Saya yakin Ario Kiswinar tidak butuh apa-apa dari Mas Sis, terlebih hartanya. Karena dari kecil hingga saat ini dia bisa bertahan, dan telah memiliki pekerjaan yang baik. Dia juga sebagai CEO, dan sudah sangat mandiri. Dia itu hanya butuh pengakuan, itu saja,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *