Mendikbud Mengatakan Sekolah Bakal Libur Sabtu-Minggu, LKS Ditiadakan, Yang Setuju Share ya

Posted on

Mendikbud mengatakan hari Sabtu-Minggu akan menjadi hari keluarga baik bagi siswa maupun guru.

libur

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Muhadjir Effendy mengeluarkan kebijakan meliburkan sekolah pada hari Sabtu-Minggu. Hal ini dilakukan untuk menunjang terlaksananya program pendidikan berkarakter yang digagas Presiden kita Joko Widodo.

” Nanti itu hari Sabtu dan Minggu kita liburkan karena prgram pendidikan karakter itu waktunya cukup panjang bagi murid dan guru pada hari Senin-Jumat. Sebagai gantinya hari Sabtu-Minggu akan menjadi hari keluarga,” ujar Muhadjir, dikutip dari merdeka.com, Senin, 7 November 2016.

Muhadjir mengatakan nantinya pembelajaran di sekolah akan menggunakan sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Sistem ini akan memaksimalkan potensi yang ada pada siswa dan mengurangi cara mengajar guru yang lebih banyak ceramah.

” Guru sekarang itu terlalu menikmati cara mengajar dengan metode ceramah. Padahal banyak metode lain yang bisa dipakai,” kata Muhadjir.

Muhadjir pun mencontohkan salah satu metode mengajar yang dapat diterapkan adalah simulasi. Salah satunya memperagakan aktivitas pada bank.

” Di situ nanti siswa ada yang jadi manager, ada yang jadi peminjam uang. Jadi secara otomatis, mereka belajar cara matematik dengan menghitung uang, ada pendidikan kejujuran, kecermatan dan berani mengambil risiko, itulah yang dimaksud pendidikan karakter,” ucap Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir juga akan menghapuskan Lembar Kerja Siswa (LKS). Menurut dia, LKS membebani para siswa, namun tidak memberikan nilai tambah.

” Karena setiap murid memiliki kemampuan berkembang sendiri-sendiri, itu tidak bisa disamaratakan dengan LKS,” kata dia. (Ism)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *