Kenali 9 Tanda Penuaan Kulit yang Tidak Wajar

Posted on

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, Anda pasti mengalami tanda-tanda penuaan pada kulit. Namun, apakah Anda menyadari bahwa perubahan yang terjadi pada kulit adalah perubahan yang baik atau buruk?

Dilansir dari bustle.com, Jumat (2/6/2017), faktor utama dari munculnya tanda penuaan pada kulit adalah paparan sinar matahari, sehingga tidak ada salahnya melakukan pencegahan, perawatan, dan perlindungan sedini mungkin.

 

 Berikut ini adalah beberapa tanda penuaan pada kulit yang tidak wajar dan harus Anda kenali.

1. Kulit kusam dan kering

Semakin bertambahnya usia, kulit akan semakin jarang mengelupas secara efisien. Akibatnya, kulit mati akan menumpuk di permukaan dan mengurangi cahaya dan sinar pada kulit Anda, seperti memiliki penutup tipis pada permukaan kulit.

2. Bintik cokelat

Salah satu tanda penuaan kulit yang tidak wajar dan paling sering terjadinya adalah munculnya bintik cokelat. Bintik ini biasanya akan muncul di bagian kulit yang sering terlihat dan diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu sering ataupun proses penuaan kulit yang normal.

Selain itu, bintik cokelat juga dapat muncul akibat dari faktor genetik, stres, dan kekurangan vitamin.

3. Kekurangan volume di sekitar wajah

Banyak tanda penuaan akibat usia terjadi di struktur tulang wajah. Hal ini bisa terlihat, seperti pelebaran soket mata, penyusutan tulang rahang, dan kehilangan kompartemen lemak.

4. Kulit dada kasar

Tanda penuaan yang lainnya adalah kulit di sekitar dada yang tampak kasar. Seiring bertambahnya usia, kelembapan dan kolagen kulit akan berkurang.
Pilihan gaya hidup, seperti sering terkena paparan sinar matahari dan sering merokok akan mempercepat proses penuaan.

5. Garis halus dan keriput

Keriput adalah bagian alami dari penuaan, namun jika Anda melihat keriput muncul lebih banyak dari teman-teman sebaya, mungkin ini merupakan tanda penuaan yang tidak wajar. Kebanyakan orang akan mulai memiliki keriput di usia 40 tahun-an.

Sedangkan jika Anda terlalu sering terkena paparan sinar matahari, mungkin keriput bisa muncul di usia 30-an. Sebaliknya, jika Anda sangat merawat kulit dan berhati-hati terhadap paparan sinar matahari, keriput mungkin akan muncul di atas usia 40-an.

6. Penipisan bibir

Bibir yang menipis adalah tanda penuaan yang lain. Semakin tua, semakin sedikit kolagen yang dihasilkan oleh tubuh.
Ingin menjaga bibir tetap segar? Oleskan tabir surya

7. Tangan terlalu tipis

Tangan adalah bagian tubuh yang akan terkena paparan sinar matahari lebih banyak daripada bagian wajah. Seperti yang Anda ketahui, paparan sinar matahari terus menerus dapat merusak elastisitas kulit, menyebabkan keriput, dan perubahan warna pada tangan.
Seiring waktu, kulit tangan akan semakin menipis, menyebabkan pembuluh darah tampak lebih menonjol.

8. Garis vertikal yang dalam di sekitar mulut

Garis vertikal yang dalam bisa muncul di sekitar mulut dan biasanya lipstik akan memperjelas keberadaan garis-garis tersebut. Garis ini bisa berasal dari kebiasaan merokok, kerusakan akibat paparan sinar matahari, atau faktor genetik.
Kulit di daerah ini juga bisa menebal dan berwarna kekuningan.

9. Rusaknya pembuluh darah

Rusaknya pembuluh darah di sekitar wajah juga merupakan salah satu tanda penuaan. Tanda penuaan ini bisa terjadi karena paparan sinar matahari, faktor genetik, atau konsumsi alkohol yang terlalu banyak.

sumber: lifestyle.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *