Bukan Hanya Indonesia, Ternyata 4 Negara Ini juga Cinta Mati dengan Jengkol dan Petai

Posted on

Orang Indonesia mana yang tidak kenal yang namanya jengkol dan petai. Yang meskipun memilik bau seperti nafas naga setelah mengonsumsinya, rupanya orang Indonesia tetap doyan karena rasa lezatnya. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak masakan khas Indonesia berbahan dasar dari makanan yang satu ini.

Ternyata Indonesia tidak sendiri loh. Ternyata beberapa negara juga sangat doyan dengan makanan yang satu ini. Bahkan ada yang sampai impor dari Indonesia loh. Bisa dibilang kalau makanan yang melimpah di Indonesia ini sudah go internasional. Tidak percaya? Simak ulasan berikut.

Negeri Jiran pecinta Jengkol dan petai

Rupanya tetangga kita yang satu rumpun ini punya selera yang sama mengenai sayuran yang satu ini. Ya, sepertinya Malaysia juga sangat suka dengan jengkol dan petai yang biasa kita konsumsi. Layaknya di Indonesia, jengkol dan petai di sana dijual perkilo an di pasar. Di Malaysia sana, rupanya jengkol memiliki nama lain, yaitu jering.

olahan malaysia 

Ya, rupanya hampir sama dengan yang ada di Indonesia, Jering di sana diolah layaknya lauk nasi. Mulai dari rendang jering, hingga disambal seperti yang ada di Indonesia. Untuk harga jengkol di sana, rupanya 1 kg dihargai 30 Ringgit atau sekitar Rp 90 ribu. Wah mahal juga ya, lumayan bisa bisnis jengkol nih.

Baca Juga: Seperti Inilah Potret ‘Liar’ Orang-Orang Indonesia Kalau Lagi Ada Diskon, Bikin Geleng Kepala

Negara Myanmar doyan dengan Jengkol

Bukan hanya Malaysia, ternyata di Myanmar juga sangat doyan dengan yang namanya jengkol. Bahkan di sana makanan yang satu ini sering digunakan sebagai obat penyakit ginjal. Ya, serupa dengan negara yang lain, rupanya di Myanmar jengkol sering disebut sebagai buah da nyin thee.

Asli myanmar 

Ya, buah yang satu ini juga dibilang makanan yang merakyat bagi warga Myanmar. Oleh sebab itu banyak olahan desa di sana yang menggunakan bahan dasar jengkol, mulai dari disambal, ditumis hingga dibuat manisan dan asinan yang berasal dari jengkol. Kalau sampai dibuat asinan sih, rupanya orang Myanmar doyan banget dengan jengkol ya.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *