Tradisi Unik Lamaran 3 Daerah di Jawa, Cewek Lamar Cowok

Posted on

Prosesi lamaran pada umumnya dilakukan oleh calon mempelai pria yang datang berkunjung ke rumah calon mempelai wanita. Namun tradisi umum ini tidak berlaku untuk beberapa kota di pulau Jawa ini, calon mempelai wanita lah yang terlebih dahulu melamar calon mempelai pria.

Tradisi unik ini bahkan dipercaya sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu yang di angkat dari berbagai kisah leluhur. Nah, bagi kamu pria-pria jomblo yang belum laku, coba aja keberuntungan kamu di 3 kota berikut ini, siapa tahu kamu langsung ketemu dan cocok. Berikut daftar nya

1. Lamongan, Jawa Timur


Di wilayah pesisir Lamongan yang biasanya memiliki suhu cuaca panas memiliki sebuah tradisi yang sangat unik dalam lamaran. Calon mempelai wanita bersama pihak keluarganya akan datang terlebih dahulu ke rumah calon mempelai pria. Biasanya pihak wanita akan membawa seserahan yang nilainya mencapai jutaan rupiah (bagi yang mampu). Namun  ada juga yang cuma membawa beberapa perlengkapan si mempelai pria dari ujung kaki hingga ujung rambut, dan tak lupa cincin pernikahan. Biasanya setelah itu, beberapa hari ke depan, pihak pria bersama keluarganya akan balik mengunjungi rumah sang wanita.

Kebiasaan wanita melamar laki-laki konon telah berlangsung turun temurun mulai sejak saat pemerintahan Raden Panji Puspokusumo, penguasa Lamongan pada 1640 – 1665. Panji Puspokusumo sendiri terdaftar juga sebagai keturunan ke-14 Prabu Hayam Wuruk, penguasa Majapahit.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *