solusisehatku.com

Mom, Inilah Tanda Jika Buah Hati Kecanduan Gadget dan Internet

Posted on

Survei Asian Parent pada sekitar 2.500 orangtua di negara Asean menemukan apabila ternyata 99% anak bermain gadget di rumah. 71% main ketika bepergian dan 70% bermain di rumah makan, 40% main di rumah teman dan 17% main di sekolah. Psikolog keluarga Astrid WEN, MPsi, pendiri PION Clinition dan inisiator Theaplay Indonesia menyatakan jika tidak bisa dipungkiri anak yang lahir di era digital seperti saat ini akan begitu dekat dengan gadget. Bukan hal yang baru jika anak-anak tersebut sudah mengenal gadget bahkan sejak mereka bayi.

solusisehatku.com
solusisehatku.com

Penelitian yang pernah dilakukan mahasiswa psikologi Universitas Indonesia yang melihat preferensi orangtua saat memilih alat permainan tahun 2012 di area Jakarta, ternyata sebagian orangtua memberikan gadget pada anak karena mereka berharap anaknya menjadi pribadi yang pintar.

“Gadget dijadikan pilihan pertama, disusul lego, balok-balok kontruktif, puzzle dll. Mainan seperti boneka handuk yang lembut di mana mainan itu membantu mengatasi kecemasan anak, justru tidak jadi favorit. Boneka ini bahkan telah menjadi pilihan terakhir orangtua,” ujar Astrid.

Fenomena ini juga terjadi secara global. Meskipun internet addiction belum dikenal di Indonesia, namun di negara maju masalah ini sudah dianggap sebagai ancaman serius bagi masa depan anak-anak. Bahkan di Inggris, biaya terapi untuk mengatasi kecanduan gadget sangat mahal.

Halaman=> 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *